2 Badai Matahari Bakal Hantam Bumi, Akankan Berbahaya Bagi Kehidupan?

Sabtu, 08 Juli 2023 - 07:57 WIB
2 Badai Matahari Bakal Hantam Bumi, Akankan Berbahaya Bagi Kehidupan?
NASA melaporkan matahari melepaskan dua coronal mass ejections (CME) atau yang biasa disebut badai matahari ke arah Bumi. Foto/NASA
WASHINGTON - NASA melaporkan matahari melepaskan dua coronal mass ejections (CME) atau yang biasa disebut badai matahari ke arah Bumi. CME mengandung satu miliar ton plasma dari partikel bermuatan dan membawa medan magnetnya sendiri.

Lontaran badai matahari ini diamati satelit Solar and Heliospheric Observatory (SOHO) NASA yang mengorbit di sekitar matahari. NASA memproyeksikan pelepasan besar-besaran gas terionisasi yang disebut plasma ini akan berdampak pada Bumi pada Jumat 7 Juli 2023 waktu AS.

Ketika partikel bermuatan dalam CME menyerang medan magnet Bumi, magnetosfer, mereka dapat menimbulkan gangguan besar yang disebut badai geomagnetik. Badai ini, pada gilirannya, dapat mengganggu infrastruktur listrik dan komunikasi di permukaan Bumi selain memengaruhi satelit, yang dapat memengaruhi layanan seperti sistem pemosisian global (GPS) secara negatif.

Fisikawan Space Weather Tamitha Skov membagikan rekaman kedua CME yang direkam oleh Large Angle and Spectrometric Coronagraph Experiment (LASCO) SOHO di umpan Twitter-nya. Skov menulis: “Kita memiliki dua #solarstorms (alias CME) yang sebagian diarahkan ke Bumi sedang dalam perjalanan.”

Seperti yang diprediksi, pakar cuaca luar angkasa berbagi model kedua CME, yang dibuat oleh Chris Stubenrauch dari NASA, menggambarkan aliran keluar materi bintang sebagai pukulan ganda badai matahari. Tweet pertama menunjukkan CME awal, yang diperkirakan NASA lebih lambat dan akan tiba sebelum pukul 8 pagi (EDT) pada hari Jumat dan sebagian besar akan mengarah ke timur laut.

CME kedua meluncur lebih cepat melalui ruang angkasa dan akan menghasilkan apa yang digambarkan Skov sebagai lebih dari "serangan langsung" di Bumi, dengan membelok sedikit ke selatan. Dia menambahkan bahwa CME memiliki kemungkinan memicu badai geomagnetik tingkat G-1.

Kategori ini didefinisikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) sebagai peristiwa kecil yang dapat menimbulkan fluktuasi jaringan listrik dan berdampak pada operasi pesawat ruang angkasa. Saat partikel bermuatan bergerak menuruni garis medan magnet di magnetosfer Bumi, mereka menciptakan tampilan yang cerah dan berwarna-warni yang disebut aurora.