5 Dampak Full Moon terhadap Lingkungan dan Makhluk Hidup, Salah Satunya Memengaruhi Kesehatan Mental

Senin, 07 Agustus 2023 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa risiko keadaan darurat ketika bulan purnama meningkat 23% untuk kucing, dan 28% untuk anjing jika dibandingkan hari-hari biasa.

3. Memengaruhi Kualitas Tidur Manusia

Dalam studi Science Advances Significant Research Global Impact di tahun 2021 menyebutkan bahwa orang-orang akan mengalami gangguan tidur ketika bulan purnama.



Pada bulan purnama kualitas tidur manusia akan menurun. Hal ini karena untuk mencapai tahapan tidur pertama atau REM akan membutuhkan waktu lebih lama. Namun, hal tersebut juga bisa dipengaruhi oleh apnea tidur, mengkonsumsi alkohol, atau obat-obatan.


4. Memengaruhi Suasana Hati dan Kesehatan Mental

Kondisi tubuh manusia yang telah terbiasa dengan kegelapan malam telah membentuk ritme sirkadian (siklus bangun hingga tidur). Sehingga ketika suatu malam lebih terang dari biasanya maka akan memeengaruhi ritme sirkadian.

Hal ini dapat memicu kegelisahan, gangguan bipolar, depresi, atau skizofrenia. Namun, dalam penelitian di 2006 yang berdasar dari ribuan catatan medis tidak menemukan fakta jika bulan purnama memengaruhi orang yang datang ke psikiatri.

Meski begitu, tetap besar kemungkinan bulan purnama akan memunculkan gangguan bipolar yang cenderung membuat orang mengalami depresi karena pergeseran pola tidur.

5. Memengaruhi Tekanan Darah

Penelitian yang dilakukan Trusted Source di 2013 mengungkapkan bahwa siklus bulan memiliki pengaruh terhadap tekanan darah manusia. Dalam penelitian tersebut mahasiswa laki-laki yang dijadikan objek penelitian mengalami penurunan tekanan darah sekitar 5 mm Hg di fullmoon.

Selain itu, detak jantung yang normal lebih cepat dan tekanan darah yang lebih rendah selama bulan purnama dan bulan baru menandakan selama bulan purnama fisik manusia lebih optimal.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)