Apa yang Ditakuti Tawon Supaya Tidak Masuk Rumah? Simak Penjelasannya di Sini!

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:42 WIB
loading...
Apa yang Ditakuti Tawon Supaya Tidak Masuk Rumah? Simak Penjelasannya di Sini!
Petugas Damkar (kiri) sedang mengangkat sarang tawon raksasa yang ada di dalam rumah warga. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Apa yang ditakuti tawon supaya tidak masuk rumah? Sebab, kehadiran serangga bersengat ini di dalam rumah tak jarang membuat penghuni merasa tidak nyaman.

Tawon adalah serangga yang sering ditemukan di sekitar lingkungan kita, Meskipun memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai penyerbuk dan pemangsa hama, beberapa orang merasa takut atau tidak nyaman jika serangga ini masuk ke dalam rumah.

Sebab, tawon bisa menyengat ke segala sesuatu yang dianggap mengancam keselamatannya. Lantas apa yang harus dilakukan supaya tawon tidak masuk rumah? berikut ulasannya.

Apa yang Ditakuti Tawon Supaya Tidak Masuk Rumah?

Sebagai serangga yang membuat sarangnya sendiri, tak jarang tawon membuat sarang di dalam rumah. Jika sudah membuat sarang di dalam rumah, tawon akan kerap beraktifitas keluar masuk rumah.

Ada hal mudah yang bisa dilakukan agar tawon tidak masuk ke dalam rumah yakni dengan cara memberi aroma-aroma yang tidak disukai tawon di sekitar sarangnya.

Salah satunya adalah aroma asam dan asap, tawon tidak menyukai aroma asam yang datang dari jeruk, lemon dan sejenisnya. Selain itu, tawon sangat tidak menyukai aroma asap dari api unggun atau alat pemanggang.

Sehingga dengan mudah untuk mengusir tawon agar tidak masuk ke dalam rumah salah satunya yakni dengan menyalakan lilin aroma terapi dengan wangi - wangian jeruk dan lemon di sekitar sarang.

Selain aroma asam dan asap, tawon juga tidak menyukai aroma herbal yang datang dari peppermint, eucalyptus dan lavender. Penggunaan minyak esensial yang mengandung aroma - aroma tersebut juga mencegah tawon untuk masuk ke dalam rumah.

Selanjutnya tawon juga tidak menyukai aroma dari cengkeh yang cukup menyengat, cukup dengan meletakan beberapa batang cengkeh di sekitar sarangnya maka tawon akan segera pergi meninggalkan rumah.

Tak hanya dari aroma aroma natural seperti yang sudah dibahas, tawon juga tidak menyukai aroma dari kapur barus.

Baca Juga: Meresahkan, Petugas Evakuasi Sarang Tawon di Palangka Raya

Untuk mencegah tawon masuk ke dalam rumah yakni dengan cara memasukan kapur barus ke dalam kantong kecil dan gantung di sekitar sarangnya.

Tawon akan merasa tidak nyaman dengan aroma yang datang dari kapur barus yang digantung, sehingga tawon akan segera pergi. Itulah penjelasan mengenai pertanyaan apa yang ditakuti tawon supaya tidakmasukrumah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4474 seconds (0.1#10.140)