Berlangsung Selama 200 Hari, Badai Raksasa di Planet Saturnus Masih Jadi Misteri

Selasa, 15 Agustus 2023 - 19:44 WIB
loading...
Berlangsung Selama 200 Hari, Badai Raksasa di Planet Saturnus Masih Jadi Misteri
Badai raksasa di Saturnus yang menyelimuti seluruh planet selama berbulan-bulan masih menjadi misteri. Foto/Live Science/NASA
A A A
WASHINGTON - Badai raksasa di Saturnus yang menyelimuti seluruh planet selama berbulan-bulan masih menjadi misteri. Penelitian baru menunjukkan dampak badai raksasa di planet Saturnus dapat bertahan ratusan tahun.

Badai dahsyat yang mengerikan seperti itu biasa terjadi di Saturnus . Bahkan badai petir yang begitu dahsyat membentuk garis besar yang gelap menyelimuti seluruh planet.

Badai terbaru melanda pada bulan Desember 2010, ketika pesawat ruang angkasa Cassini milik NASA sedang mengorbit di planet ini. Pesawat ruang angkasa Cassini mengambil pandangan barisan depan dari badai besar yang berlangsung selama 200 hari.



Menurut pemindaian teleskop radio baru-baru ini, dampak berkelanjutan dari badai besar yang meletus di Saturnus lebih dari 100 tahun yang lalu masih terlihat di atmosfer planet saat ini. Badai besar itu meninggalkan anomali kimia terus-menerus yang masih menjadi misteri dan belum bisa dipecahkan para ilmuwan.

Badai besar yang biasa disebut "Bintik Putih Besar", meletus setiap 20 atau 30 tahun sekali di belahan bumi utara Saturnus dan mengamuk tanpa henti selama berbulan-bulan. Para astronom telah melihat enam dari badai seukuran planet ini melanda Saturnus sejak 1876.
Berlangsung Selama 200 Hari, Badai Raksasa di Planet Saturnus Masih Jadi Misteri


Dengan kata lain, lama setelah badai raksasa menghilang dari pandangan, dampaknya terhadap cuaca Saturnus berlangsung selama berabad-abad. “Untuk sebagian besar waktu, atmosfer Saturnus terlihat kabur,” tulis para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada 11 Agustus yang dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (15/8/2023).

Menggunakan teleskop radio Very Large Array di New Mexico, para peneliti mengintip melalui kabut atmosfer bagian atas Saturnus, berharap menemukan sisa-sisa bahan kimia dari badai raksasa yang terjadi pada 2010. Faktanya, tim menemukan jejak keenam badai raksasa, yang tercatat paling awal melanda lebih dari 130 tahun yang lalu.



Terlihat hanya dalam panjang gelombang radio, sisa-sisa itu berbentuk anomali gas amonia yang besar. Lapisan awan paling atas Saturnus sebagian besar terbuat dari awan es amonia.

Sementara itu, ratusan mil di bawah wilayah atmosfer yang sama ini, konsentrasi amonia melonjak jauh lebih tinggi dari biasanya. Implikasinya, menurut penulis studi, badai raksasa mendorong beberapa proses transportasi amoniak misterius yang menyeret gas amoniak dari atmosfer atas Saturnus ke kedalaman atmosfer yang lebih rendah, mungkin dalam bentuk hujan.

“Memahami mekanisme badai terbesar di tata surya, menantang pengetahuan kita dan mendorong batas-batas meteorologi terestrial,” kata Cheng Li, asisten profesor di University of Michigan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)