5 Perbedaan Jet Tempur Rusia Buatan Sukhoi dan Mikoyan, Sama-Sama Mematikan

Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:15 WIB
loading...
5 Perbedaan Jet Tempur Rusia Buatan Sukhoi dan Mikoyan, Sama-Sama Mematikan
Jet tempur Sukhoi dan MiG generasi terbaru. (Foto: Ist)
A A A
JAKARTA - Perbedaan jet tempur Rusia buatan Sukhoi dan Mikoyan sangat mencolok. Namun, meski berbeda keduanya memiliki benang merah, yaitu sama-sama mematikan.

Jet-jet tempur Rusia, dulu Uni Soviet, sudah kondang sejak era perang dunia I dan II, terutama buatan Sukhoi dan Mikoyan.
Jet-jet tempur Mikoyan yang sering disebut MiG memang lebih dulu dikenal, namun Sukhoi yang muncul belakangan memiliki reputasi tak kalah sangar.

Lantas apa perbedaan jet tempur Rusia buatan Sukhoi dan Mikoyan? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/8/2023).

1. Pabrikan

Perbedaan jet tempur Rusia buatan Sukhoi dan Mikoyan yang pertama tentu pabrikannya. Sukhoi didesain dan dibuat di biro desain Sukhoi (OKB-51) yang didirikan Pavel Sukhoi. Penanda yang biasa digunakan untuk pesawat tempur yang diproduksi biro ini adalah Su.



Sementara, jet tempur Rusia buatan Mikoyan diciptakan biro desain Mikoyan. Penanda yang umum digunakan untuk pesawat tempur yang diproduksi biro ini adalah MiG. Selain beda biro desain, plant produksi kedua pabrikan pesawat ini juga beda. Sukhoi diproduksi di plant Komsomolsk na Amur untuk seri SU-27SM/SKM, SU-33, SU-27KUB, Superjet 100, Su-57, dan SU-30 series dan Irkuts untuk seri SU-30. Sementara MiG diproduksi di Sokol, Nizhny Novgorod.

Pesawat-pesawat tempur Rusia memang memiliki nama khas yang pendek, yaitu MiG, Su, Tu, Yak, dan Il. Pesawat-pesawat tersebut diproduksi oleh pabrikan berbeda, sebelum akhirnya biro desain yang berbeda disatukan, dalam satu korporasi bernama United Aircraft Corporation alias UAC.

2. MiG Lahir Lebih Dulu

Perbedaan jet tempur Rusia buatan Sukhoi dan Mikoyan yang kedua adalah waktu pembuatan. MiG lahir lebih dulu ketimbang Sukhoi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)