Adakah Hewan yang Hidup Sebelum Dinosaurus? Ini Jawabannya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:48 WIB
Adakah Hewan yang Hidup Sebelum Dinosaurus? Ini Jawabannya
Apakah ada hewan yang hidup sebelum dinosaurus? Foto/Ist
JAKARTA - Berbicara tentang dinosaurus , sebagian orang mungkin akan langsung tertuju pada kehidupan masa lampau di bumi. Dalam riwayatnya, mereka pernah menjadi penguasa selama jutaan tahun.

Saat ini dinosaurus memang telah punah. Namun, pembahasan terkait hewan purba ini masih terus bermunculan dan selalu menjadi topik menarik untuk diikuti.

Dinosaurus adalah makhluk reptil raksasa yang pernah berkeliaran bebas di Bumi selama jutaan tahun. Keberadaannya pun memiliki gambaran menakutkan dengan tubuh super besar dan gigi bertaring tajam.

Lantas, adakah hewan lain yang hidup sebelum dinosaurus?

Apakah Ada Hewan yang Hidup Sebelum Dinosaurus?

Terkait keberadaan hewan lain sebelum dinosaurus, jawabannya ada. Dinosaurus mungkin pernah menguasai Bumi selama jutaan tahun, namun mereka bukanlah yang pertama kali melakukannya.

Sebelum dinosaurus, telah banyak hewan lain yang berkeliaran bebas dan saling berebut menjadi penguasa. Mengutip laman Wonderopolis, tak kalah menakutkan dengan dinosaurus, mereka juga memiliki ukuran tubuh yang besar dan mengerikan.

Sebagai contoh, bisa diambil pada periode ketika Bumi tertutup rawa-rawa dan hutan hujan yang lembap Tempat ini dulunya pernah menjadi rumah bagi hewan amfibi berukuran super besar.

Salah satu contoh yang bisa disebutkan adalah Diploceraspis. Makhluk tersebut tampak seperti salamander dengan panjang tiga kaki dan memiliki kepala berbentuk bumerang.

Hewan yang Pernah Hidup Sebelum Dinosaurus

Selain Diploceraspis, masih banyak hewan lain yang disebut pernah hidup sebelum dinosaurus. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dilansir dari A-Z Animals.

1. Pterigotus

Hewan ini adalah kalajengking laut berukuran raksasa. Predator air ini dikatakan memiliki panjang hampir 6 kaki. Bukan lagi menggunakan penyengat, dia memiliki cakar besar untuk melumpuhkan mangsanya.

2. Arthropleura

Arthropoda kaki seribu raksasa ini disebut pernah hidup sekitar 345 juta tahun yang lalu. Mereka biasa menjelajahi hutan besar di Amerika Utara dan Eropa.

Terlepas dari ciri fisiknya yang mengerikan, mereka adalah pemakan tumbuhan. Meski demikian, mereka juga bisa menyemprotkan cairan asam ketika merasa terancam oleh keberadaan musuh.

3. Meganeura

Hewan ini adalah serangga terbang raksasa yang mirip capung. Mereka dikatakan memiliki lebar sayap mencapai 25,6 inci kaki.

Pada kehidupannya, Meganeura adalah predator yang biasa memangsa serangga jenis lain. Para ilmuwan pertama kali menemukan fosilnya di Prancis pada 1880.

Selain sejumlah contoh di atas, masih banyak hewan lain yang pernah hidup sebelum dinosaurus. Di antaranya seperti Titanichthys, Jaekelopterus, Dimetrodon Angelensis, dan lainnya.
(okt)