Sabtu, 20 November 2021 - 18:04 WIB
9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui
Penghuni bumi sebelum dinosaurus masih sangat jarang diketahui, padahal jumlahnya juga tidak sedikit. Foto/dok
JAKARTA - Penghuni bumi sebelum dinosaurus masih sangat jarang diketahui, padahal jumlahnya juga tidak sedikit. Keberadaan mereka diketahui dari sisa-sisa fosil yang ditemukan palaentolog dari sejumlah wilayah.

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purba yang pernah menguasai Bumi selama lebih dari 230 juta tahun. Namun sebelum jaman jurasic, ternyata ada beberapa hewan yang kurang dikenal pernah menghuni Bumi yang hidup ratusan juta tahun sebelum dinosaurus.

Berikut 9 hewan purba yang hidup sebelum zaman dinosaurus yang dikutip dari situs earthlyuniverse.com:

1. Dickinsonia

9 Penghuni Bumi Sebelum Dinosaurus yang Jarang Diketahui

Salah satu hewan yan hidup sebelum zaman dinosaurus adalah Dickinsonia. Fosil prakambrium ini hidup selama Ediacaran atau periode sebelum Kambrium sekitar 600 juta tahun yang lalu.

Hewan ini dianggap sebagai makhluk mirip ubur-ubur dengan panjang mulai dari beberapa milimeter hingga satu meter. Hewan ini termasuk spesies bilateral, artinya mereka memiliki tubuh yang simetris.

Namun palaentolog masih berdebat soal mahluk ini, apakah termasuk hewan atau tumbuhan primitif seperti jamur.

2. Haikouichthys