Tak Disangka, Ternyata Tomat Buah Paling Baik untuk Kesehatan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 07:11 WIB
loading...
Tak Disangka, Ternyata Tomat Buah Paling Baik untuk Kesehatan
Tomat ditahbiskan sebagai buah terbaik untuk kesehatan. (Foto: Delishably)
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mengira apel atau jeruk menjadi asupan buah terbaik bagi kesehatan. Namun, hasil penelitian terbaru menyatakan tomat sebagai buah paling baik untuk kesehatan.

Banyak yang belum tahu kalau tomat termasuk jenis buah-buahan karena sering hanya diselipkan sebagai penghias makanan semata. Nasib tomat sama dengan mereka dianggap sebagai buah, meskipun rasanya labu, mentimun, dan paprika yang sering dianggap sebagai sayuran.

Orang awam baru yakin bahwa tomat sejenis buah ketika sebuah penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menerbitkan penelitian berjudul Defining Powerhouse Fruits and Vegetables: A Nutrient Density Approach. Buah berwarna merah itu ditahbiskan ke dalam urutan teratas dalam hal kepadatan nutrisi.

Dilansir dari Delishably, Sabtu (26/8/2023), meskipun skornya tidak setinggi sayuran lainnya, ini adalah buah pertama yang diketahui dalam daftar, diikuti oleh lemon.



Seketika publik pun sadar bahwa buah kaya air perlu masuk keranjang belanjaan sebagai asupan nutrisi utama, bukan lagi menjadi selipan di burger ataupun sandwich semata. Berikut keutamaan buah tomat untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan jantung

European Journal of Public Health (2012) menyebutkan kandungan likopen dan beta-karoten dalam tubuh dapat memengaruhi risiko terhadap serangan jantung. Lantaran kandungan likopen juga berkhasiat sebagai penurun kolesterol jahat yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

Tomat menghasilkan likopen tinggi untuk melindungi lapisan dalam pembuluh darah sehingga berpotensi menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah.

2. Mencegah kanker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)