7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin

Senin, 04 September 2023 - 06:49 WIB
loading...
A A A
Seorang agen dapat mengenakan masker 5 detik sambil berjalan di keramaian, lalu menyelinap ke gang atau gedung. Mereka bisa menyembunyikan masker di saku mantel atau koran, dan mengubah penampilan mereka beberapa kali saat berjalan di satu jalan.

2. Senapan Payung

7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin


Payung menjadi elemen klasik dari perangkat mata-mata. Hal ini menjadi begitu lazim bahkan menjadi bagian dari budaya pop. Bahkan salah satu musuh bebuyutan Batman, Penguin sering terlihat memegang payung bersenjata yang berisi benda-benda seperti senapan mesin atau gas beracun.

Referensi budaya pop ini berasal dari pembunuhan seorang reporter Bulgaria Georgi Markov yang membelot ke Inggris. Dia terang-terangan menentang komunisme dan menjadi sasaran beberapa upaya pembunuhan.

Saat dia berjalan di keramaian, dia merasakan sakit yang menusuk di kaki. Seorang pria di belakangnya mengambil payungnya, meminta maaf, lalu memasuki taksi terdekat. Payung tersebut sebenarnya digunakan untuk menembakkan pelet berisi racun.

Senapan payung terbukti menjadi alat pembunuhan yang sangat efektif karena tidak mencolok dan dapat dibawa di tengah keramaian.

3. Kacamata Sianida

7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin


Kacamata sianida adalah salah satu perangkat paling mengganggu yang muncul dari Perang Dingin. Kaca mata ini dirancang untuk membunuh agen yang memegangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)