7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin

Senin, 04 September 2023 - 06:49 WIB
loading...
A A A
7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin


Tinta yang hilang, yang merupakan barang utama dalam penyandian pesan. Ada berbagai jenis tinta yang hilang, masing-masing memiliki sifat unik. Beberapa tinta hanya akan terlihat jika terkena panas, yang lain akan berubah menjadi merah jika terkena katalis tertentu, dan beberapa tinta hanya akan terlihat jika terkena darah.

Pada era Perang Dingin, penyandian pesan dengan tinta yang hilang sudah merupakan praktik umum. Namun, alih-alih tinta hitam pada kertas transfer, bahan kimia digunakan untuk menuliskan pesan tersebut, sehingga menghasilkan selembar kertas kering tanpa tanda yang kemudian dapat diterjemahkan.

6. Pemancar Sepatu

7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin


Pemancar sepatu menjadi salah satu inovasi paling ikonik di dunia peralatan mata-mata. Mata-mata yang memiliki akses ke kamar hotel atau tempat tinggal diplomat akan memasang pemancar di bagian tumit sepatu atau mengganti sepatu tersebut dengan sepasang sepatu identik yang berisi pemancar.

Setelah diaktifkan, pemancar akan menangkap suara atau percakapan apapun dan meneruskannya ke stasiun untuk direkam atau dipantau secara langsung. Pertemuan rahasia pun dapat direkam jika seseorang yang memakai sepatu tanpa disadari memasuki ruangan.

Praktik ini menyebar luas selama Perang Dingin. Walhasil, hampir semua benda berpotensi menyembunyikan pemancar rahasia. Lampu, detektor asap, telepon, jam tangan, atau benda apa pun yang cukup besar untuk menampung alat pendengar berpotensi menyembunyikan pemancar.

7. Kamera Mata-Mata

7 Senjata Canggih Intelijen dari Era Perang Dingin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)