10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya

Jum'at, 08 September 2023 - 18:05 WIB
loading...
10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya
Banyak fenomena aneh di langit yang berhasil diabadikan. (Foto: Valter Binotto)
A A A
JAKARTA - Banyak fenomena aneh di langit yang selama ini dikaitkan dengan mitos atau bahkan ulah alien lantaran keterbatasan pengetahuan manusia. Belakangan ilmu pengetahuan hadir dan menjawab dengan presisi peristiwa-peristiwa unik tersebut.

Cahaya aneh memang lebih sering muncul di langit daripada yang disadari kebanyakan orang. Dari cincin mirip UFO hingga langit berwarna merah darah, berikut 10 fenomena aneh di langit dengan penjelasan ilmiah yang sangat sederhana, dikutip dari Live Science, Jumat (8/5/2023).

1. Cincin mirip UFO

Lingkaran warna merah mirip UFO muncul di langit kota Possagno di Italia pada 27 Maret 2023, hanya beberapa milidetik sebelum menghilang, sehingga mayoritas penduduk setempat tidak menyaksikannya. Namun, fenomena aneh di langit ini berhasil diabadikan oleh fotografer Valter Binotto.

Fenomena aneh di langit ini disebut emisi cahaya dan gangguan frekuensi sangat rendah akibat sumber pulsa elektromagnetik atau disingkat ELVE. Menurut Spaceweather.com, ELVE adalah jenis gangguan stratosfer/mesosfer langka yang diakibatkan oleh elektrifikasi badai petir yang intens (SPRITE).

Cincin merah terbentuk ketika gelombang elektromagnetik yang dilepaskan oleh petir menghantam ionosfer bumi, bagian atmosfer atas yang terionisasi dan membentang antara 50 dan 400 mil (80 dan 644 km) di atas permukaan tanah. Sementara warna merah dihasilkan oleh atom nitrogen yang tereksitasi di ionosfer.



Namun, cincin merah ini sebenarnya tidak terletak di atas kota. Sebaliknya, lingkaran besar yang berdiameter sekitar 360 kilometer itu berkedip di atas Italia tengah dan sebagian Laut Adriatik. Hanya sudut pandang yang dipaksakan yang membuat cincin itu tampak seperti tergantung di atas kota Possagno.

Fenomena aneh di langit ini bukan pertama kalinya. Pada Februari 2021, peristiwa serupa muncul di Hawaii. Kemudian pada April 2013, juga muncul di Nebraska.

2. Busur dan lingkaran cahaya
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)