10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya

Jum'at, 08 September 2023 - 18:05 WIB
loading...
A A A
10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Awan warna-warni ini terlihat bersinar di langit malam di atas Kutub Utara. Awan yang dikenal sebagai awan stratosfer kutub (PSC), hanya terbentuk di stratosfer, lapisan kedua atmosfer, pada suhu di bawah minus 114 derajat Fahrenheit (minus 81 derajat Celsius).
Biasanya, stratosfer terlalu kering untuk membentuk awan, namun pada suhu yang sangat rendah, molekul air yang tersebar luas mulai menyatu menjadi kristal es kecil yang menjadi awan.

Saat sinar matahari menyinari awan kristal ini, ia tersebar, menciptakan berbagai panjang gelombang cahaya berbeda, yang memberi warna pelangi pada awan. Karena ketinggian awan yang ekstrem, sinar matahari dapat mengenai kristal dan menyebar di atas pengamat meskipun matahari berada di luar cakrawala, saat itulah awan tampak paling terang.

7. Garis laser hijau terang

10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Gambar ini ditangkap oleh teleskop di puncak tertinggi Hawaii, Mauna Kea, menunjukkan garis laser hijau terang berkedip di langit malam. Garis-garis yang muncul satu demi satu hanya bertahan sekitar satu detik, mirip garis kode komputer di film Matrix.

Garis tersebut ternyata berasal dari laser yang ditembakkan dari satelit ICESat-2 milik NASA, yang mengukur jumlah es di kriosfer bumi. Yaitu, bagian bumi yang tertutup oleh curah hujan padat, termasuk salju, es laut, es danau dan sungai, gunung es, gletser, lapisan es dan rak es.

8. Cahaya aneh mirip aurora

10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Cahaya aneh mirip aurora ini akibat peningkatan kecepatan emisi termal yang kuat atau strong thermal emission velocity enhancement (STEVE). Fenomena ini muncul di langit beberapa negara bagian Amerika Serikat setelah badai matahari besar pada awal 2023.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)