10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya

Jum'at, 08 September 2023 - 18:05 WIB
loading...
A A A
10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Fenomena aneh di langit ini diabadikan oleh seorang astronom di Queen's University Belfast di Irlandia Utara. Terlihat dalam gambar serangkaian busur dan lingkaran cahaya spektakuler yang bersinar mengelilingi matahari.

Cahaya seperti ini diciptakan oleh sinar matahari yang menyinari jutaan kristal es kecil yang posisinya sempurna di bagian atas atmosfer. Miniatur kristal heksagonal membiaskan cahaya mirip dengan prisma, dan ketika angin kencang mengarahkannya ke arah yang sama, cahaya yang dibelokkannya digabungkan untuk menghasilkan garis cahaya.

Foto tersebut menunjukkan setidaknya tiga fenomena optik yang berbeda. Pertama, lingkaran cahaya 22 derajat, yaitu lingkaran besar yang mengelilingi matahari. Kedua, sepasang sundogs, titik terang di setiap sisi lingkaran cahaya 22 derajat. Ketiga, lingkaran parhelik lengkap, garis yang membagi dua lingkaran, merupakan pemandangan paling langka dari jenis fenomena ini.
Semua fenomena ini relatif umum terjadi, namun sangat jarang melihat semuanya secara bersamaan.

3. Gumpalan biru di langit

10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengambil gambar dua gumpalan cahaya biru aneh yang berkilauan di atmosfer Bumi. Menariknya, kedua gumpalan tersebut sama sekali tidak berhubungan satu sama lain dan hanya terjadi pada waktu yang sama.

Gumpalan cahaya di bagian bawah gambar adalah sambaran petir besar yang terjadi di dekat celah melingkar besar di bagian atas awan. Hal ini menyebabkan petir menerangi dinding sekitar struktur mirip kaldera yang berawan, menciptakan cincin bercahaya yang mencolok.

Gumpalan biru di kanan atas gambar adalah hasil distorsi cahaya bulan. Orientasi bulan terhadap ISS berarti cahaya yang dipantulkan kembali dari matahari melewati atmosfer planet, mengubahnya menjadi gumpalan biru cerah dengan lingkaran cahaya kabur.

Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)