10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya

Jum'at, 08 September 2023 - 18:05 WIB
loading...
A A A
STEVE adalah fenomena langka yang menciptakan pita cahaya padat yang menggantung di udara hingga satu jam. Pita tersebut tercipta oleh aliran plasma panas, atau gas terionisasi, yang menerobos magnetosfer bumi yang melemah selama badai matahari. Aliran plasma seragam dan konstan, artinya gas yang sama tetap tereksitasi dan terus menerus mengeluarkan cahaya yang sama.

STEVE dapat terjadi jauh dari kutub bumi dibandingkan dengan aurora yang cenderung muncul, meskipun para ilmuwan masih belum yakin penyebabnya.



9. Cincin pelangi yang bersinar

10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya


Fenomena cincin pelangi muncul di Finlandia. Cincin warna-warni di langit ini dikenal sebagai korona serbuk sari, terbentuk ketika sinar matahari menghamburkan ribuan butir serbuk sari di udara. Hal ini menciptakan pola difraksi, di mana panjang gelombang cahaya individual saling meniadakan dan hanya memungkinkan warna tertentu terlihat.

Serbuk sari pada gambar berasal dari pohon pinus (Pinus sylvestris), yang memiliki kantung udara yang membantunya mengapung (sekaligus membuatnya terlihat seperti telinga Mickey Mouse).

Korona serbuk sari hanya muncul ketika konsentrasi serbuk sari sangat tinggi dan hanya dapat terlihat jelas ketika matahari atau bulan purnama tertutup sebagian.

10. Langit berdarah

10 Fenomena Aneh di Langit, Ada Penampakan Pusaran Cahaya
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)