9 Fakta Ilmiah dalam Al Quran, Asal Mula Besi hingga Kiamat

Jum'at, 08 September 2023 - 19:00 WIB
9 Fakta Ilmiah dalam Al Quran, Asal Mula Besi hingga Kiamat
Al Quran memberikan banyak informasi tentang ilmu pengetahuan. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Al Quran merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Kandungan Al Quran tidak hanya memuat tentang hukum-hukum islam, tapi juga sejarah dan fakta-fakta ilmiah.

Meski diturunkan pada masa sains belum begitu berkembang, belakangan kandungan dalam Al Quran yang diturunkan sekitar 609 M, terbukti benar menurut ilmu pengetahuan. Terbukti jauh sebelum peradaban modern berhasil mengungkap rahasia alam, Al Quran sudah terlebih dahulu memberikan petunjuk.

Al Quran yang berlaku sepanjang zaman memberikan informasi tentang Teori Relativitas, Teori Big Bang, Genetika, Lubang Hitam, dan masih banyak lagi. Sederhananya, Al Quran dan ilmu pengetahuan tidak terpisahkan satu sama lain.
Dikutip dari Zamzam.com, Jumat (8/3/2023), berikut sembilan fakta ilmiah dalam Al Quran.

1. Teori Big Bang

Teori asal usul alam semesta adalah salah satu hal ilmiah paling penting yang disebutkan dalam Al Quran. Hingga 100 tahun lalu, alam semesta diyakini tidak memiliki pencipta. Namun Albert Einstein, dalam studi persamaan medannya, menantang keyakinan ini dengan memaparkan teori bahwa alam semesta adalah sebuah gaya yang mengembang dan tumbuh seperti balon. Belakangan, seorang ahli matematika Belgia mengusulkan bahwa perluasan ini pasti dimulai dari titik awal dan padat.

Kitab suci Al Quran yang muncul berabad-abad sebelum terungkapnya teori Big Bang merinci gagasan ini. Ayat tersebut berbunyi “Tidakkah orang-orang kafir melihat bahwa langit dan bumi merupakan suatu kesatuan yang tertutup (Ratqan), lalu Kami bukakan?” (Quran 21:31). Kata Ratqan yang digunakan dalam teks tersebut mengisyaratkan kegelapan dan massa yang tertutup. Seperti inilah keadaan alam semesta sebelum big bang terjadi.

2. Teori Big Crunch

Teori Big Crunch yang memprediksi bagaimana alam semesta akan berakhir adalah salah satu hal ilmiah yang dirinci dalam Al Quran. Ide yang didasarkan pada teori relativitas umum Einstein berbicara tentang bagaimana alam semesta yang dimulai dengan big bang pada akhirnya akan hancur sebagai akibatnya. Ini adalah skenario hipotetis yang merinci nasib alam semesta dan menjelaskan bahwa perluasan pada suatu saat akan berbalik arah dan kosmos akan runtuh.

Al Quran menyebutkan kejadian ini dalam ayat 21:105 yang berbunyi, “Ingatlah hari ketika kita menggulung langit seperti gulungan kitab yang ditulis oleh seorang ahli Taurat.” Deskripsi yang diberikan dalam Al Quran menyerupai skenario yang dikonfirmasi oleh beberapa fisikawan di seluruh dunia.

3. Pertemua Dua Laut