Berapa Kecepatan Peluru? Ini Jawabannya

Minggu, 10 September 2023 - 22:24 WIB
loading...
Berapa Kecepatan Peluru? Ini Jawabannya
Faktor yang mempengaruhi kecepatan peluru ketika ditembakkan dari senjata, secara garis besar terbagi dalam dua kategori, yaitu balistik internal dan balistik eksternal. Foto/Live Science
A A A
WASHINGTON - Pernah tahu berapa kecepatan peluru setelah ditembakan? Ternyata jawabannya bergantung pada desain peluru dan senjatanya. Termasuk berbagai faktor lingkungan ikut mempengaruhi.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan peluru ketika ditembakkan dari senjata, secara garis besar terbagi dalam dua kategori, yaitu balistik internal dan balistik eksternal. Masuk dalam kategori balistik internal, adalah jenis propelan, berat peluru, dan bentuk serta panjang laras senjata.

Sedangkan balistik eksternal, di antaranya gaya yang diberikan oleh angin, gravitasi, dan lintasan saat proyektil ditembakkan. Kemudian kedua faktor itu dimasukkan ke dalam kategori ketiga, yang disebut balistik terminal, yang menggambarkan perilaku peluru ketika mengenai sasaran.



Michael Haag, seorang ilmuwan forensik dan pendiri Konsultan Ilmu Forensik, mengatakan bahwa kebanyakan peluru terbuat dari logam berat seperti timah, dilapisi kuningan atau tembaga. Perpaduan massa logam ini membantu peluru mempertahankan momentumnya.

“Begitu bubuk mesiu menyala, maka terbakar dengan sangat cepat, menghasilkan gas yang mendorong peluru ke dalam laras. Ini benar-benar sebuah keajaiban teknik kimia,” kata Haag kepada Live Science, Minggu (10/9/2023).

Saat bergerak menuju moncongnya, peluru tersebut menggesek sisi laras, sehingga menimbulkan gesekan. Namun, senjata dengan laras yang lebih panjang menghasilkan tembakan tercepat.

“Laras merupakan faktor pembatas terbesar pada kecepatan. Semakin panjang larasnya, semakin jauh jarak gas untuk membangun kecepatan, dan semakin cepat peluru meninggalkan larasnya,” kata Stephanie Walcott, ilmuwan forensik di Virginia Commonwealth University.



Karena alasan ini, senapan cenderung menghasilkan kecepatan paling tinggi. Senapan dimaksudkan untuk digunakan dalam jarak jauh, dan peluru yang ditembakkan dapat menempuh jarak sejauh 3,2 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)