NASA Temukan Bintang Pengetuk yang Disebut Al Quran

Kamis, 14 September 2023 - 13:13 WIB
NASA Temukan Bintang Pengetuk yang Disebut Al Quran
NASA menangkap menangkap suara-suara menarik dari bintang pulsar. (Foto: Inverse)
JAKARTA - Observatorium NASA berhasil menangkap menangkap suara-suara menarik dari bintang pulsar di luar angkasa yang terdengar seperti suara ketukan pintu.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah kejadian kosmis ini sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam Al Quran, yang disebut Al Thariq yang berarti si pengetuk atau yang mengetuk dengan keras.

Dikutip dari The Islamic Information, Kamis (14/9/2023), Al Quran mempunyai ayat-ayat yang mengejutkan para ilmuwan karena sesuai dengan penemuan-penemuan ilmiah modern.

Salah satu wahyu tersebut terdapat dalam Surat At Thariq, di mana Allah berkisah tentang benda langit yang mengetuk dan mengeluarkan suara unik. (Surat At Thariq 86:1-3).

[بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ وَٱلسَّمَآءِ وَٱلطَّارِقِ]

Demi langit dan yang datang pada malam hari,

[وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلطَّارِقُ]

Tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu?

[ٱلنَّجْمُ ٱلثَّاقِب]
(yaitu) bintang yang cahayanya menembus.

Kata Thariq berasal dari akar kata tharq, yang makna dasarnya adalah memukul dengan cukup keras untuk menimbulkan suara, atau menumbuk.

Penemuan baru-baru ini mengenai suara-suara dari bintang yang mengetuk oleh NASA dengan menggunakan teknologi canggih abad ke-21 menimbulkan pertanyaan menarik tentang keakuratan Al Quran dalam menggambarkan peristiwa-peristiwa kosmik lebih dari 1400 tahun lalu.

Saat itu, belum ada teknologi untuk mempelajari ruang angkasa atau merekam suara sehingga menegaskan fakta bahwa Al Quran adalah kitab suci yang sejalan dengan ilmu pengetahuan modern.

Al Quran adalah firman Allah, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan merupakan sumber utama segala pengetahuan dan kebijaksanaan. Al Quran berbicara tentang peristiwa-peristiwa langit, seperti bintang yang mengetuk, menunjukkan bahwa peristiwa itu bersifat ilahi dan selalu relevan.

Pulsar adalah bintang neutron bermagnet tinggi, dengan radius 10-15 km, mempunyai massa agak lebih besar daripada Matahari yang memiliki radius kurang lebih 1 juta km. Radiasi dipancarkan sepanjang kutub magnet dan pulsa radiasi diterima saat sinar tersebut melintasi Bumi, dengan cara yang sama seperti sinar dari mercusuar menyebabkan kilatan cahaya.

Menurut NASA, bintang pulsar ini, yang disebut Al Quran sebagai At Thariq , adalah bintang pengetuk. Penemuan ini menambah keajaiban dari banyaknya ayat-ayat Al Quran yang menginspirasi baik ilmuwan maupun orang beriman.