Senin, 18 September 2023 - 09:11 WIB
Dikutip dari New Science, kedua astronom itu menyimpulkan hanya Bulan berukuran besar, setidaknya memiliki radius 1.000 kilometer atau lebih besar, yang bisa memiliki BulanBulan. Diperkirakan ukurannya bisa mencapai 10 kilometer. Sebuah Bulan juga harus berada jauh dari planet induknya agar BulanBulan yang mengorbitnya tidak menjadi Bulan dari planet tersebut.

5. Galaksi Tanpa Materi Gelap

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Materi gelap, zat tak dikenal yang menyusun 85 persen seluruh materi di alam semesta, adalah hal yang aneh. Namun para peneliti setidaknya yakin akan satu hal bahwa materi gelap ada di mana-mana. Namun ada galaksi aneh yang dilihat para peneliti pada Maret 2018, tidak memiliki materi gelap.

6. Bintang Paling Aneh

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Astronom Tabetha Boyajian dari Louisiana State University dan rekan-rekannya melihat bintang yang dikenal sebagai KIC 846285.
Dijuluki bintang Tabby, objek tersebut akan mengalami penurunan kecerahan pada interval yang tidak teratur dan dalam jangka waktu yang ganjil, terkadang hingga 22 persen.

Berbagai teori diajukan, termasuk kemungkinan adanya megastruktur alien, namun saat ini, sebagian besar peneliti percaya bahwa bintang tersebut dikelilingi oleh cincin debu abnormal yang menyebabkan penggelapan.

7. Hyperion Bermuatan Listrik

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Gelar benda teraneh di tata surya bisa jadi diberikan kepada objek-objek langit di Jupiter. Salah satu yang paling aneh adalah Hyperion Saturnus, benda tak beraturan mirip batu apung yang dipenuhi banyak kawah.
Pesawat luar angkasa Cassini milik NASA, yang mengunjungi sistem Saturnus antara tahun 2004 dan 2017, juga menemukan bahwa Hyperion diisi berkas partikel listrik statis yang mengalir ke luar angkasa.

8. Neutrino

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Neutrino tunggal berenergi tinggi yang menghantam Bumi pada 22 September 2017, tidak terlalu luar biasa. Fisikawan di Observatorium IceCube Neutrino di Antartika melihat neutrino dengan tingkat energi yang sama setidaknya sebulan sekali. Namun Neutrino yang satu ini istimewa karena merupakan yang pertama tiba dengan informasi yang cukup tentang asal usulnya sehingga para astronom dapat mengarahkan teleskop ke arah asalnya.

Mereka mengetahui bahwa benda tersebut terlempar ke Bumi 4 miliar tahun lalu oleh blazar yang menyala-nyala, sebuah lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang telah memakan material di sekitarnya.

9. Galaksi Fosil Hidup

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

DGSAT I adalah galaksi ultradiffuse (UDG), yang berarti sebesar galaksi seperti Bima Sakti namun bintang-bintangnya tersebar sangat tipis sehingga hampir tidak terlihat. Namun ketika para ilmuwan melihat hantu DGSAT 1 pada tahun 2016, mereka menyadari bahwa ia sendirian, tidak seperti UDG lainnya, yang biasanya ditemukan dalam kelompok.

Karakteristiknya menunjukkan bahwa objek redup tersebut terbentuk pada era yang sangat berbeda di alam semesta , sekitar 1 miliar tahun setelah Big Bang, menjadikan DGSAT 1 sebagai fosil hidup.

10. Quasar Ganda