Senin, 18 September 2023 - 09:11 WIB
Benda-benda besar membengkokkan cahaya sedemikian rupa sehingga dapat mendistorsi bayangan benda di belakangnya. Ketika para peneliti menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk menemukan quasar dari alam semesta awal, mereka menggunakannya untuk memperkirakan laju ekspansi alam semesta dan menemukan bahwa ia berkembang lebih cepat saat ini dibandingkan dulu, sebuah temuan yang tidak sesuai dengan pengukuran lainnya. Sekarang fisikawan perlu mencari tahu apakah teori mereka salah atau ada hal aneh lain yang sedang terjadi.

11. Sinar Inframerah Luar Angkasa

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Bintang neutron adalah objek sangat padat yang terbentuk setelah kematian bintang biasa. Biasanya, memancarkan gelombang radio atau radiasi berenergi lebih tinggi seperti sinar-X. Namun pada September 2018, para astronom menemukan aliran panjang cahaya inframerah yang berasal dari bintang neutron yang berjarak 800 tahun cahaya dari Bumi, sesuatu yang belum pernah diamati sebelumnya. Para peneliti menjelaskan bahwa piringan debu yang mengelilingi bintang neutron dapat menghasilkan sinyal tersebut, namun penjelasan akhir belum ditemukan.

12. Planet dengan Aurora

12 Benda Paling Aneh di Luar Angkasa, Apa Saja?

Planet-planet melayang di galaksi akibat terlempar dari bintang induknya karena gaya gravitasi. Salah satu keanehan adalah SIMP J01365663+0933473, objek seukuran planet yang berjarak 200 tahun cahaya dan medan magnetnya 200 kali lebih kuat dari Jupiter. Planet ini menghasilkan kilatan aurora di atmosfernya, yang dapat dilihat dengan teleskop radio.