Universitas di Australia Adakan Simposium Ilmiah Soal Pengaruh Taylor Swift

Jum'at, 22 September 2023 - 06:59 WIB
loading...
Universitas di Australia Adakan Simposium Ilmiah Soal Pengaruh Taylor Swift
Penyanyi Taylor Swift memiliki dampak global yang perlu dikaji secara ilmiah. Foto: Rolling Stone
A A A
JAKARTA - Universitas di Australia akan mengadakan simposium ilmiah selama tiga hari membahas soal pengaruh penyanyi Taylor Swift . Bagaimana detailnya?

Universitas di Australia, University of Melbourne akan mengadakan simposium ilmiah selama tiga membahas soal pengaruh penyanyi Taylor Swift . Rolling Stone menyebut simposium yang dihelat Jumat (21/9) ini merupakan ajang internasional.

Rencananya simposium itu akan digelar pada 11-13 Februari 2024. Nantinya simposium akan berjalan hibrid. Jadinya peserta di luar Austalia bisa mengikuti simposium itu secara virtual.

“Simposium ini adalah konferensi akademis gabungan bagi para akademisi untuk terlibat dalam dialog kritis tentang popularitas Swift dan implikasi mendalamnya terhadap berbagai isu termasuk gender, fandom, budaya populer, sastra, ekonomi, industri musik, dan banyak lagi,” tulis University of Melbourne di situs resmi mereka.

"Pandangan kritis akan fenomena Taylor Swift sangat dianjurkan. Seluruh pendapat dan opini juga akan diterima," sambung mereka lagi.

Jennifer Beckett, peneliti dari University of Melbourne mengatakan kepada BBC simposium tersebut dimulai dari gagasan yang muncul di platform, X, yang dulunya Twitter. Waktu itu banyak pengguna Twitter merasa ada sesuatu yang unik dari Taylor Swift.

Saat ini penyanyi kelahiran 13 Desember 1989 itu tidak hanya memiliki pengaruh besar pada industri hiburan tapi juga bidang lainnya. “Taylor Swift benar-benar mempunyai dampak nyata secara global, dalam berbagai hal yang mempengaruhi kita semua,” kata Jennifer Beckett.

“Para pemimpin dunia memintanya untuk menghadirkan Eras Tour ke negara mereka karena manfaat ekonomi yang dihasilkannya," sambungnya. Dia melanjutkan saat ini proses persiapan simposium masih terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menghadirkan beberapa nara sumber yang relevan dengan fenomena Taylor Swift.

Dia melanjutkan bahwa ada rencana untuk menggabungkan tiket konser Eras Tour Taylor Swift dengan simposium itu. Diketahui Taylor Swift memang akan menggelar konser di Australia pada 16-17 Februari 2024.

Baca Juga: Taylor Swift Tak Terbendung di MTV Video Music Awards 2023

“Jika Taylor Swift ingin datang, saya pikir kita semua harus meluangkan waktu untuk itu. Tapi kami memang mengundang dia," jelas Jennifer Beckett. Sementara Rolling Stone mengatakan saat ini beberapa universitas di Amerika Serikat pernah menjadi fenomena Taylor Swift sebagai mata kuliah tambahan. Hanya saja baru kali ini sebuah seminar atau simposium tentang Taylor Swift dilakukansecaraglobal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)