Gara-gara Polusi Suara, Monyet Ini Berkomunikasi lewat Bau

Senin, 02 Oktober 2023 - 15:43 WIB
loading...
Gara-gara Polusi Suara, Monyet Ini Berkomunikasi lewat Bau
Monyet di Brazil harus berkomunikasi lewat bau karena polusi suara. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyaknya pembangunan dan pembalakan hutan bikin habitat monyet Tamarin Pied di Brazil ikut terancam punah. Para ahli khawatir perluasan kota akan membuat keadaan menjadi lebih sulit bagi para monyet-monyet untuk tinggal di kawasan kota Manaus.

Dikutip dari BBC News, Senin (2/10) habitat Tamarin Pied di luar Manaus perlahan-lahan kian ramai. Primata ini hanya mempunyai sedikit ruang untuk tinggal, dan kebisingan membuat mereka lebih sulit berkomunikasi satu sama lain.

Oleh sebab itu, mereka mulai menjadikan aroma sebagai tanda untuk berkomunikasi. Tamarin Pied meninggalkan bau tertentu sebagai pesan kepada monyet lainnya.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa tanda aroma Tamarin Pied meningkat bersamaan dengan peningkatan tingkat desibel - makin keras. Tim yang melakukan penelitian menemukan bahwa peningkatan kebisingan disebabkan oleh suara yang dibuat oleh manusia, seperti kebisingan mobil atau pesawat terbang atas perluasan pembangunan tempat tinggal atau perkotaan.

Salah satu peneliti mengatakan bahwa penandaan aroma bukanlah cara yang baik bagi hewan untuk berkomunikasi dalam jarak jauh. Hal ini berarti bahwa kelompok Tamarin Pied dapat dengan mudah terpisah satu sama lain.

Mereka mengatakan apa yang dilakukan oleh primata berukuran 32 cm ini sangat mengesankan, melihat tamarin berhasil beradaptasi begitu cepat, mereka juga khawatir dengan dampak dan keberlangsungan akan spesies tersebut.

Baca Juga: Aksi Stop Impor Monyet dari Indonesia

Tempat Tinggalnya Kecil
Gara-gara Polusi Suara, Monyet Ini Berkomunikasi lewat Bau

Tamarin Pied atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Sanguinus Bicolor, dan dikenal juga dengan Tamarin berwajah telanjang Brasil, memiliki salah satu wilayah jelajah terkecil dari semua primata di dunia.

Primata ini menghuni bagian dalam atau sekitar kota pelabuhan Manaus di Amazon. Peneliti mengungkapkan sebagian Tamarin yang tinggal di bagian utara Manaus beberapa kelompok hewan ini tinggal di hutan dataran rendah dan di tepi rawa.

Ukuran Tubuh Tamarin Pied
Gara-gara Polusi Suara, Monyet Ini Berkomunikasi lewat Bau

Tamarin Pied baik jantan maupun betina memiliki panjang sekitar 28-32 cm. Menariknya, ekor Tamarin jauh lebih panjang dibanding tubuhnya, yang membentar sepanjag 38-42 cm.

Berat hewan ini biasanya sekitar 500 gram. Meskipun spesies ini dapat hidup hingga 19 tahun di penangkaran, setengah hidup mereka kemungkinan beradadialamliar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)