Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:00 WIB
12 Spesies Bintang Laut yang Luar Biasa di Dunia
Comb Starfish memiliki lima lengan panjang yang menyerupai gigi gergaji. (Foto: Underwater)
JAKARTA - Bintang laut adalah makhluk laut yang menakjubkan dengan berbagai bentuk dan warna yang menghiasi dasar laut di seluruh dunia. Ternyata bintang laut memiliki keragaman luar biasa dalam hal penampilan dan perilaku.

Terdapat 12 spesies bintang laut yang luar biasa untuk dieksplorasi, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023).

1. Bintang Laut Mahkota

12 Spesies Bintang Laut yang Luar Biasa di Dunia

Bintang Laut Mahkota atau Crown of Thorns Starfish termasuk salah satu bintang laut terbesar di dunia. Mereka dikenal karena duri-duri tajam menyerupai mahkota serta pemakan karang terumbu. Namun, populasi yang terlalu besar dapat menjadi ancaman serius bagi ekosistem karang terumbu.

2. Bintang Laut Terumbu Batu Merah

12 Spesies Bintang Laut yang Luar Biasa di Dunia

Bintang Laut Terumbu Batu Merah berwarna cerah yang hidup di terumbu karang tropis. Mereka memiliki warna merah mencolok dan tubuh yang tebal. Bintang laut ini termasuk pemakan spons laut dan alga, dan menjadi bagian penting dari ekosistem terumbu karang.

3. Bintang Laut Karet

Bintang Laut Karet atau Chocolate Chip Starfish memiliki tubuh berbentuk cakram dengan duri-duri pendek yang menyerupai coklat chip. Mereka cenderung hidup di dalam lubang-lubang karang dan batu di dasar laut. Warna dasar mereka berkisar dari coklat hingga hitam.

4. Bintang Laut Gergaji

Bintang Laut Gergaji atau Comb Starfish, memiliki lima lengan panjang yang menyerupai gigi gergaji. Spesies ini memiliki berbagai warna, termasuk merah, oranye, dan kuning. Bintang laut ini hidup di terumbu karang dan terumbu batu.

5. Bintang Laut Banyak Lengan

Bintang Laut Banyak Lengan atau Many-Armed Sea Star menjadi salah satu bintang laut yang paling unik dalam hal penampilan. Mereka memiliki banyak lengan, seringkali lebih dari 20 buah yang warnanya dapat bervariasi dari coklat hingga hijau. Mereka hidup di dasar laut yang berlumpur dan berpasir.

6. Bintang Laut Matahari

Bintang Laut Matahari atau Sunflower Sea Star menjadi bintang laut terbesar di dunia. Mereka memiliki banyak lengan (hingga 24 atau lebih) yang tersebar seperti matahari. Bintang laut ini hidup di perairan dingin di sekitar Amerika Utara dan Amerika Selatan.

7. Bintang Laut Biru

Bintang Laut Biru atau Blue Sea Star sebagai bintang laut yang memiliki warna biru yang cerah dan lengan-lengan pendek. Mereka hidup di terumbu karang di Pasifik tropis dan dikenal mempunyai warna biru yang mencolok.

8. Bintang Laut Raksasa

Bintang Laut Raksasa, atau Giant Sea Star sebagai bintang laut besar dengan lengan-lengan pendek dan tubuh yang besar. Mereka hidup di dasar laut di perairan dingin di sekitar Kanada dan Alaska. Ukuran mereka dapat mencapai hingga 60 cm.

9. Bintang Laut Bunga

Bintang Laut Bunga, atau Basket Star memiliki lengan-lengan tipis yang bercabang seperti ranting pohon. Namanya menggambarkan penampilannya yang menyerupai bunga basket. Bintang laut ini hidup di perairan dalam yang gelap.

10. Bintang Laut Bulu

Bintang Laut Bulu atau Feather Star, termasuk bintang laut yang unik karena mereka tidak memiliki cangkang keras seperti bintang laut lainnya. Mereka memiliki lengan-lengan yang panjang dan berbulu untuk bergerak di dalam air. Mereka hidup di perairan laut yang dalam.

11. Bintang Laut Tanduk

Bintang Laut Tanduk atau Horned Sea Star memiliki bentuk tubuh yang menyerupai tanduk dan duri-duri tajam di sepanjang lengan-lengan mereka. Mereka hidup di perairan dingin di sekitar Alaska dan California.

12. Bintang Laut Gondola

Salah satu ciri khas yang membuat Bintang Laut Gondola menonjol bentuknya karena tidak lazim. Mereka memiliki lima lengan panjang dan ramping yang memberi mereka penampilan menyerupai gondola, perahu tradisional yang digunakan di beberapa wilayah air seperti Venesia, Italia. Namun, tidak seperti gondola yang elegan, bintang laut gondola memiliki warna yang mencolok dan bervariasi, dengan kombinasi warna-warna cerah seperti merah, oranye, kuning, dan ungu.

Ciri khas lainnya yaitu duri-duri kecil yang melapisi lengan-lengan mereka, memberikan perlindungan ekstra dan membantu dalam melindungi diri mereka dari pemangsa atau gangguan di lingkungan laut.

MG/Al Ghifari