NASA Berharap Temukan Berlian di Asteroid 16 Psyche

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 22:08 WIB
loading...
NASA Berharap Temukan Berlian di Asteroid 16 Psyche
Asteroid 16 Psyche disinyalir mengandung logam mulia. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Badan Antariksa Amerika NASA bakal meluncurkan pesawat luar angkasa dalam waktu dekat ke asteroid 16 Psyche, untuk mencari batu mulia seperti berlian dan rubi.

16 Psyche terletak di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Diduga asteroid tersebut mengandung besi, nikel, serta logam mulia dan permata .

"Saya harap kita bisa menemukan berlian dan rubi di asteroid itu,” kata Bill Nelson, Administrator NASA, dikutip dari The Telegraph, Sabtu (14/10/2023).

Pesawat luar angkasa bernilai miliaran dolar akan dikirim ke 16 Psyche dan dijadwalkan lepas landas pada pukul 15.16 waktu Inggris dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida menggunakan roket SpaceX Falcon.



Diperkirakan akan memakan waktu tujuh tahun untuk mencapai 16 Psyche. Dalam perjalanannya, pada Mei 2026, pesawat luar angkasa akan melewati Mars dan menggunakan gravitasi Planet Merah untuk mengubah arah dan melemparkan dirinya menuju asteroid.

Pesawat luar angkasa tersebut akan mencapai tujuannya pada tahun 2030 dan akan menghabiskan sekitar 26 bulan berada dalam orbit. Misinya mengumpulkan gambar asteroid dan mencatat topografinya, fitur permukaan, gravitasi, serta magnetisme.

16 Psyche pertama kali terlihat oleh ahli astronomi Italia Annibale de Gasparis pada 1852 dan dinamai sesuai dewi Yunani jiwa dan istri dari Cupid.

Awalnya dipercaya sebagai asteroid normal dari batuan dan es, tetapi pada 1980-an para astronom terkejut ketika bacaan radar menunjukkan bahwa sebenarnya itu terbuat dari logam. Para ilmuwan telah berspekulasi bahwa batu besar logam sepanjang 130 mil kehilangan kerak luarnya setelah sejumlah tabrakan hebat miliaran tahun yang lalu.



"Tim telah bekerja tanpa lelah untuk mempersiapkan pesawat luar angkasa untuk perjalanannya ke asteroid yang unik ini," kata Henry Stone, manajer proyek Psyche di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California Selatan.

Semua sistem pesawat luar angkasa, instrumen ilmiah, dan perangkat lunak telah diintegrasikan dan diuji secara ekstensif. "Kami menantikan peluncuran dan yang lebih penting untuk mencapai tujuan misi ini, menandai sebuah perjalanan penemuan ilmiah yang menjadi sejarah lagi," katanya.

Asteroid 16 Psyche tidak akan ditambang, namun akan memberikan badan antariksa gambaran tentang apa yang mungkin tersedia untuk penambangan di masa depan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)