Kapal Selam Nuklir Rusia Perkuat Armada Pasifik, Generalissimo Suvorov Bawa 16 Rudal Balistik

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:27 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Rusia Perkuat Armada Pasifik, Generalissimo Suvorov Bawa 16 Rudal Balistik
Kapal selam nuklir Rusia kelas Borei yang baru selesai dibangun dari Proyek 955A langsung memperkuat Armada Pasifik di Kamchatka pada 16 Oktober 2023. Foto/Bulgarian Military
A A A
KAMCHATKA - Kapal selam nuklir Rusia kelas Borei yang baru selesai dibangun dari Proyek 955A langsung memperkuat Armada Pasifik di Kamchatka pada 16 Oktober 2023. Kapal selam yang diberi nama Generalissimus Suvorov dibekali 16 rudal balistik Bulava dengan hulu ledak nuklir.

Pasukan kapal selam Armada Pasifik menerima kapal selam Generalissimo Suvorov di pangkalan Vilyuchinsk dipimpin Komandan Armada Pasifik Laksamana Viktor Lean. “Hari ini adalah momen bersejarah dan penting bagi Armada Pasifik. Kemampuan operasional Armada Pasifik telah meningkat,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Selasa (17/10/2023).

Pada November 2022, kapal selam Generalissimo Suvorov melakukan seluruh tahap pengujian, melalui beberapa pelayaran laut. Tes tersebut dirancang untuk menilai sistem kapal selam dalam mode yang berbeda.



Baik perusahaan maupun awak kapal berhasil melaksanakan tugas yang diberikan. Kapal tersebut secara khusus memamerkan kemampuannya dengan meluncurkan rudal balistik Bulava dari Laut Putih di lokasi uji coba Kura di Semenanjung Kamchatka.

Sebagai kapal seri kedua dari proyek Borei-A, Generalissimo Suvorov akan mendukung kekuatan nuklir strategis angkatan laut Federasi Rusia selama beberapa dekade mendatang. Kapal selam rudal nuklir generasi keempat ini memiliki sistem senjata torpedo rudal yang canggih, serta peralatan navigasi, radioteknik, dan hidroakustik.
Kapal Selam Nuklir Rusia Perkuat Armada Pasifik, Generalissimo Suvorov Bawa 16 Rudal Balistik


Unit Project 955A dilengkapi dengan sistem deteksi dan komunikasi canggih, pengurangan tanda akustik, dan modifikasi struktural yang signifikan. Ini termasuk penambahan kemudi bergerak dan pelat ujung vertikal untuk kemampuan manuver dan geometri layar yang unik.

Kapal selam ini juga dilengkapi dengan jet hidrolik dan baling-baling yang ditingkatkan, memungkinkan berlayar hampir tanpa suara di bawah air dengan kecepatan hampir 30 knot. Kapal selam ini dipersenjatai 16 rudal balistik SLBM, masing-masing membawa 6-10 hulu ledak nuklir.



Kontrak untuk lima kapal selam 955A yang dimodifikasi mengalami banyak penundaan karena perbedaan harga antara Kementerian Pertahanan Rusia dan United Shipbuilding Corporation. Pembangunan perdana kapal selam kelas Borei 955A, Knyaz Vladimir, dimulai pada 30 Juli 2012, dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3167 seconds (0.1#10.140)