Menakjubkan, Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Sungai Lima Warna Menyala

Rabu, 18 Oktober 2023 - 06:53 WIB
loading...
A A A
Caño Cristales memiliki sejarah panjang. Keunikannya ditemukan pada tahun 1989 ketika jurnalis Andrés Hurtado García mendaki untuk mengambil gambar sungai.

Penduduk setempat meyakini sungai ini mengalir dari surga dan mengembara melintasi pegunungan dan padang rumput sebelum akhirnya mengalir di Kolombia.

Sayangnya keindahan sungai ini tak mudah dinikmati lantaran instabilitas keamanan. Sejak 1989 hingga 2009, daerah di sekitar sungai ini ditutup untuk publik karena konflik antara pemerintah Kolombia dan kartel narkoba. Pada 2016, perjanjian perdamaian dengan kartel memungkinkan pemerintah membuka kawasan tersebut bagi para wisatawan. Namun pada tahun 2020, gerilyawan FARC kembali berulah, hingga terjadi gencatan senjata pada Mei 2023.

Ancaman untuk Caño Cristales

New York Times melaporkan efek pelangi di Caño Cristales tiba lebih awal setiap tahunnya karena perubahan iklim. Selain itu, muncul ancaman lain. Hupecol, perusahaan minyak dan gas, memulai pengeboran eksplorasi di cekungan Llanos Kolombia sejak Mei 2022 atas nama Houston American Energy Corp. Para ilmuwan khawatir pengeboran ini dapat berdampak pada banyak spesies unik hewan dan tumbuhan di daerah ini, termasuk macarenia clavigera.

Tak hanya pengeboran minyak dan perubahan iklim, deforestasi juga mengancam eksistensi Caño Cristales.
Selain mempengaruhi spesies hewan yang membuat tanah ini begitu unik, deforestasi juga memengaruhi pola hujan, yang dapat menyebabkan efek negatif pada macarenia clavigera yang tumbuh di sana.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)