Ungkap Penguasa Inggris Zaman Besi yang Tak Tercatat Sejarah, Koin Emas Terjual Rp392 Juta

Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:56 WIB
loading...
Ungkap Penguasa Inggris Zaman Besi yang Tak Tercatat Sejarah, Koin Emas Terjual Rp392 Juta
Koin emas yang ditemukan di Hampshire dengan cap nama Esunertos terjual dengan harga Rp392 juta, karena mengungkap penguasa Inggris yang tak tercatat sejarah. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Koin emas yang ditemukan di Hampshire dengan cap nama Esunertos terjual dengan harga Rp392 juta (20.400 poundsterling). Koin emas Esunertos mengalahkan rekor dunia koin emas Medusa Quarter-Stater seharga Rp208 juta (10.800 poundsterling), karena mengungkap penguasa Inggris yang tak tercatat sejarah.

Para ahli berpendapat bahwa Esunertos merupakan penguasa Inggris yang memerintah sebagai Raja dari Benteng Danebury pada Zaman Besi. Para ahli menyebut penemuan tersebut sebagai salah satu penemuan luar biasa dalam beberapa dekade terakhir.

Koin emas itu, oleh juru lelang Spink, awalnya diperkirakan akan menghasilkan sekitar 4.000 pounsterling. Namun, pada proses lelang akhir pekan lalu harganya mencapai 20.400 poundsterling, mengalahkan rekor dunia untuk koin serupa, Medusa Quarter-Stater seharga 10.800 poundsterling.



Koin tersebut ditemukan oleh ahli detektor logam, Lewis Fudge, di ladang petani pada bulan Maret 2023 setelah mendapat izin untuk melakukan pencarian. Koin emas ini diperkirakan dibuat antara tahun 50 dan 30 SM, tak lama setelah serangan Romawi pertama Julius Caesar ke Inggris pada tahun 55 SM.
Ungkap Penguasa Inggris Zaman Besi yang Tak Tercatat Sejarah, Koin Emas Terjual Rp392 Juta


Para ahli Zaman Besi terkemuka telah mempelajari koin tersebut dan menyimpulkan bahwa koin tersebut dibuat oleh sosok laki-laki terkemuka yang dijuluki 'IISVNIRTOS' yang namanya diterjemahkan sebagai 'Perkasa seperti Dewa Esos'. Salah satu teori menyebutkan dia mungkin memerintah sebagai Raja dari dekat benteng Danebury Hill.

“Ini adalah salah satu penemuan luar biasa dalam beberapa dekade terakhir dalam ilmu numismatik Celtic,” kata Dr John Sills dari Celtic Coin Index di Ashmolean Museum dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (19/10/2023).
Ungkap Penguasa Inggris Zaman Besi yang Tak Tercatat Sejarah, Koin Emas Terjual Rp392 Juta


Gregory Edmund, Spesialis Koin Zaman Besi di juru lelang Spink yang memimpin tim ahli dalam pencatatan penemuan baru ini menambahkan bahwa koin emas ini merupakan karya seni prasejarah yang luar biasa. Koin ini penuh gambaran perjuangan penguasa Inggris pada Zaman Besi Inggris, yang diilustrasikan dalam kereta dan kuda perang.



“Meskipun ukuran koinnya kecil, nama penciptanya, Esunertos, kini benar-benar bergema selama berabad-abad. Esunertos sempat terlupakan, namun kini namanya tercatat dalam catatan sejarah,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)