Batu Kristal yang Dibawa Astronot Ungkap Hal Mengejutkan tentang Bulan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:05 WIB
Batu Kristal yang Dibawa Astronot Ungkap Hal Mengejutkan tentang Bulan
Batu Kristal Bulan yang dibawa ke Bumi oleh astronot Apollo mengungkap fakta baru. (Foto: The Daily)
JAKARTA - Batu Kristal Bulan yang dibawa ke Bumi oleh astronot Apollo pada tahun 1970an mengungkap fakta baru. Yaitu umur bulan ternyata lebih tua dari yang diperkirakan.

Hal itu terungkap setelah para ilmuwan dari Field Museum dan Universitas Glasgow menyelesaikan penelitian terbaru untuk mengungkap umur Bulan.

Berdasarkan hasil analisis terhadap kristal Bulan terungkap bahwa Bulan berusia 40 juta tahun lebih tua dari perkiraan sebelumnya. Para ilmuwan mengatakan bahwa Bulan telah berumur 4,46 miliar tahun. “Batu (kristal Bulan) adalah bagian tertua dari bulan yang kami temukan sejauh ini," kata salah satu ilmuwan, Dr Jennika Greer, dikutip dari NDTV, Rabu (25/10/2023).

Temuan ini tentu membuka cakrawala baru bagi umat manusia lebih memahami lebih lanjut segala hal tentang Bulan. "Ini adalah titik acuan bagi banyak pertanyaan tentang Bumi. Saat mengetahui berapa umur sesuatu, kita dapat lebih memahami apa yang telah terjadi dalam sejarahnya," katanya.

Penentuan umur Bulan ini dimungkinkan dengan pendekatan baru yang dikenal sebagai tomografi probe atom. Yaitu penggunaan penggunaan laser untuk menguapkan atom dari kristal yang telah diasah hingga menjadi ujung nano yang sangat halus.

Analisis atom demi atom memungkinkan para peneliti menghitung berapa banyak atom dalam kristal bulan yang telah mengalami peluruhan radioaktif.

Teori populer seputar pembentukan Bulan adalah hipotesis dampak raksasa yang menyatakan bahwa pada suatu saat dalam sejarah awal Bumi, kedua benda ini bertabrakan.

Material yang meledak tersebut, dibatasi oleh gravitasinya sendiri, kemudian menciptakan Bulan seperti yang kita lihat sekarang. Namun, kapan tabrakan ini terjadi dan berapa lama waktu terbentuknya Bulan masih menjadi pertanyaan hingga saat ini.