Kehebatan Tank Monster M1150 ABV, Penyapu Ranjau Milik Amerika

Kamis, 26 Oktober 2023 - 18:00 WIB
loading...
Kehebatan Tank Monster M1150 ABV, Penyapu Ranjau Milik Amerika
Tank monster M1150 ABV memulai debutnya pada 2008 dan teruji handal di medan tempur. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Ranjau darat merupakan ancaman serius bagi prajurit dan kendaraan di medan pertempuran. Ledakannya mampu menghancurkan pasukan dan memporakporandakan benda apapun yang melintas di atasnya.

Kehadiran detektor logam dan anjing pencium ranjau dapat membantu mengelimir ancaman ini, namun hanya efektif digunakan setelah konflik berakhir. Menerjunkannya di tengah situasi perang tentu tak memungkinkan karena musuh terus mengintai.

Untuk mengatasi masalah ini militer AS menciptakan Tank Monster M1150 ABV pada tahun 2000an. Kendaraan tempur ini dapat membersihkan ranjau darat serta melindungi pasukan di belakangnya.

Membabat Medan Pertempuran


Tank Monster M1150 ABV awalnya diuji coba pada tahun 2002, sebelum akhirnya siap diterjunkan pada tahun 2008. Dibuat dari badan tank M1 Abrams, desain kendaraan ini sederhana namun efektif. Dengan menggantikan kubah tank biasa dengan serangkaian tonjolan mirip laba-laba, tank ini dapat membabat medan pertempuran dan menggali tanah sambil berjalan.



Saat tanah digeser, semua ranjau yang terkubur akan terdorong menjauh dari jalur tank, memastikan jalan aman bagi prajurit dan kendaraan lain yang mengikuti. Jika ada ranjau yang meledak, panel lapisan pelindung reaktif eksplosif tank ABV akan menyerap sebagian besar ledakan, menjaga kru tetap aman.

M1150 ABV memiliki beberapa perangkat portable. Jika ingin membersihkan area lapangan yang panjang dengan cepat, sebuah peluncur dapat dipasang di bagian belakang tank, melontarkan bom untuk meledakkan ranjau dalam garis lurus.

Baja pembajak tanah di depan juga dapat diganti dengan perangkat pematang ranjau, memungkinkan tank ABV menggali parit untuk tempat berlindung pasukan, mendorong penghalang yang dibuat musuh, serta mengeliminir parit anti-tank.

Apakah ABV masih digunakan?


Setelah Tank Monster M1150 ABV diselesaikan pada 2008, kendaraan ini digunakan dalam beberapa konflik bersenjata di Afghanistan dari tahun 2009 hingga 2011.



Setelah itu, tank ini terus digunakan dalam beberapa konflik berskala kecil di Helmand dan di perbatasan antara Selatan dan Utara Korea. Juga digunakan dalam latihan-latihan militer di Jerman dan Norwegia pada 2014 dan 2018. Diperkirakan saat ini ada 45 Tank Monster M1150 ABV milik Marinir serta 187 milik Angkatan Darat Amerika Serikat .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3605 seconds (0.1#10.140)