Spesifikasi Tank Challenger 3, Versi Upgrade dari Tank Baru Inggris Challenger 2

Jum'at, 02 Februari 2024 - 18:39 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Challenger 3, Versi Upgrade dari Tank Baru Inggris Challenger 2
Tank Challenger 3 dapat menampung 4 awak yang terdiri dari Komandan, penembak, pemuat amunisi, dan pengemudi. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Tank Challenger 3 adalah Main Battle Tank (MBT) baru Inggris yang diproduksi melalui konversi tank Challenger 2. MBT ini dikembangkan dan dirancang oleh perusahaan Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL).

Dari versi pendahulunya, Challenger 3 diklaim memiliki beberapa peningkatan dan penyempurnaan, yang menjadikannya platform yang tangguh di medan perang modern.

Menurut Army Recognition, pada Mei 2021, Kementerian Pertahanan (Kementerian Pertahanan) Inggris mengumumkan pesanan 148 Tank Tempur Utama (MBT) Challenger 3 sebagai bagian dari kontrak senilai £800 juta dengan RBSL.

Baru pada 18 Januari 2024, RBSL mengumumkan penandatanganan kontrak dengan Kementerian Pertahanan Inggris untuk melengkapi Tank Tempur Utama Challenger 3 dengan sistem lapis baja modular baru yang canggih.

Spesifikasi Tank Challenger 3
Spesifikasi Tank Challenger 3, Versi Upgrade dari Tank Baru Inggris Challenger 2

Tank Challenger 3 akan dapat menampung 4 awak yang terdiri dari Komandan, penembak, pemuat amunisi, dan pengemudi. Untuk serangan, tank andalan Inggris ini dipersenjatai dengan meriam L55A1 120mm, serta satu senapan mesin L8A2 7,62 mm koaksial dipasang di sebelah kiri, dan senapan mesin L37A2 7,62 mm dapat dipasang di kubah komandan.

Amunisi akan dikembangkan bersama dengan Rheinmetall AG, dengan putaran energi kinetik baru yang dikembangkan untuk Challenger 3 dan Leopard 2.

Dalam hal pertahanan, kendaraan lapis baja ini telah menggunakan lapis baja Chobham generasi kedua di bagian depan untuk meningkatkan kemampuan bertahan di medan perang.

Tank ini memiliki panjang 11,5 meter, lebar 3,5 meter, dan tinggi 2,5 meter. Untuk beratnya sendiri bisa mencapai 66.000 kg.



Beralih ke mobilitas, tank ini diketahui memiliki mesin Challenger 2 yang telah ditingkatkan. Membuat Challenger 3 mampu mencapai kecepatan 96 km/jam.
Challenger 3 juga telah dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan yang ditingkatkan yang menawarkan akurasi dan kemampuan penargetan yang unggul, memungkinkan perolehan dan keterlibatan target lebih cepat.

Itulah spesifikasi dari Challenger 3, yang merupakan tank tangguh andalan Inggris yang baru. Tank yang telah ditingkatkan ini diprediksi akan dapat mulai digunakan pada tahun2030mendatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)