5 Bulan Bertugas di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Astronot Shenzhou 16 Mendarat Selamat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 13:34 WIB
loading...
5 Bulan Bertugas di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Astronot Shenzhou 16 Mendarat Selamat
Tiga astronot misi Shenzhou 16 China kembali ke Bumi pada Selasa 31 Oktober 2023 setelah menyelesaikan tugas lima bulan di stasiun luar angkasa Tiangong. Foto/CCTV
A A A
BEIJING - Tiga astronot misi Shenzhou 16 China kembali ke Bumi pada Selasa 31 Oktober 2023 setelah menyelesaikan tugas lima bulan di stasiun luar angkasa Tiangong. Mereka mendarat dengan kapsul kembali pesawat ruang angkasa Shenzhou 16 di lokasi pendaratan Dongfeng pukul 08:10 waktu Beijing.

Menurut Badan Antariksa Berawak China (CMSA) pesawat ruang angkasa Shenzhou 16 terpisah dari stasiun luar angkasa Tiangong pada Senin pukul 20:37 waktu Beijing. Pesawat ruang angkasa membawa tiga astronot, yaitu Jing Haipeng (komandan misi), Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao.

Jing dan kawan-kawan sebelumnya telah menyerahkan kendali stasiun luar angkasa kepada awak Shenzhou 17, yang tiba pada 26 Oktober. Zhu dan Gui adalah anggota pertama dari kelompok seleksi astronot ketiga Tiongkok yang terbang ke luar angkasa, dan Gui juga menjadi spesialis muatan pertama yang terbang ke Tiangong.



Selama bertugas Jing dan Zhu melakukan aktivitas ekstravehicular selama delapan jam atau berjalan di luar angkasa, menanam sayuran, dan ceramah langsung dan interaktif. Mereka juga bereksperimen menyalakan korek api di stasiun luar angkasa.
5 Bulan Bertugas di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Astronot Shenzhou 16 Mendarat Selamat


Shenzhou 16 adalah misi berawak kelima ke Tiangong dan penerbangan astronot Tiongkok ke-11 secara keseluruhan. Awak baru Shenzhou 17 akan tetap berada di Tiangong selama enam bulan.

China bertujuan untuk mempertahankan Tiangong tetap beroperasi dan diduduki secara permanen setidaknya selama satu dekade. China juga berencana untuk memperluas pos orbit berbentuk T, yang saat ini terdiri dari tiga modul dan berukuran sekitar 20% dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)