Balada Surat Cinta yang Dibaca setelah 250 Tahun, Penuh Gairah Namun Tragis

Selasa, 07 November 2023 - 16:42 WIB
loading...
A A A
Sebanyak 75 surat di antaranya secara khusus ditujukan kepada awak kapal Galatee. Koleksinya disimpan di Arsip Nasional di Kew dan Kantor Catatan Umum di Chancery Lane dan bahkan Menara London dalam 250 tahun terakhir.

Dokumen dan surat itu baru dibaca setelah sejarawan Universitas Cambridge, Profesor Renaud Morieux, mendapat izin untuk akhirnya membukanya. Ada tiga tumpukan surat yang disatukan dengan pita.
Balada Surat Cinta yang Dibaca setelah 250 Tahun, Penuh Gairah Namun Tragis


“Surat-surat ini berisi pengalaman universal manusia, tidak hanya terjadi di Prancis atau abad ke-18,” kata Profesor Morieux dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Selasa (7/11/2023).



Profesor Morieux mengungkapkan, dari surat tersebut terselip surat cinta yang menumpahkan pesan kehidupan dan penuh gairah orang-orang yang dicintai para pelaut. Termasuk kerinduan terhadap pacar dan istri.

“Saya tidak sabar untuk memiliki Anda,” tulis seorang wanita Prancis kepada suaminya, seorang bintara di Galatee. Surat itu dibubuhi tanda tangan “istri Anda yang patuh”.

Dalam konteks ini, memiliki dianggap sebagai cara yang agak menarik untuk mengatakan 'bercinta denganmu'.

Surat lain kepada Letnan Satu Galatee berbunyi: “Saya bisa menghabiskan malam ini menulis surat kepada Anda. Saya adalah istri Anda yang setia selamanya.”

Profesor Morieux mengaku sangat emosional ketika menyadari sebagai orang pertama membaca surat-surat itu. Apalagi dia mengetahui, orang yang dituju tak pernah sempat membaca surat cinta dari orang yang cintai. “Itu sangat emosional,” ujarnya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)