5 Fakta Macan Kumbang, Kucing Besar Bermata Indah yang Terancam Punah

Rabu, 08 November 2023 - 15:16 WIB
loading...
5 Fakta Macan Kumbang, Kucing Besar Bermata Indah yang Terancam Punah
Macan kumbang banyak ditemukan di wilayah hutan hujan tropis seperti China, India, Nepal, Burma, Malaysia dan Indonesia. (Foto: World Animal Foundation)
A A A
JAKARTA - Macan kumbang merupakan salah satu kucing besar yang masuk genus Panthera. Macan kumbang dicirikan dengan bulu gelap berwarna hitam.

Hewan ini memiliki kepala yang lebih kecil dibandingkan keseluruhan tubuhnya. Memiliki rahang yang kuat, kaki belakang yang besar dan panjang dibandingkan dengan kaki depan, serta ekor yang panjang.

Macan kumbang atau yang lebih dikenal dengan nama black panther memiliki berat 36 - 160 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 1,1 - 1,9 meter.

Macan kumbang banyak ditemukan di wilayah hutan hujan tropis seperti China, India, Nepal, Burma, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, beberapa spesies macan kumbang juga ditemukan di hutan, rawa, dan padang rumput di Amerika dan Semenanjung Malaya.


Berikut fakta lain macan kumbang yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Hewan Soliter


Macan kumbang dikenal sebagai hewan pendiam dan tertutup. Oleh sebab itu, macan kumbang lebih banyak menghabiskan waktunya sendirian. Mereka akan berdiam diri di atas pohon untuk mengawasi binatang lain yang akan menjadi mangsanya.

Macan kumbang juga terkenal sebagai pribadi yang agresif. Mereka akan menyerang siapapun yang mengganggu teritorial atau wilayahnya, bahkan sesama macan kumbang sekalipun.

2. Aktif di Malam Hari


Hewan yang suka menyendiri ini juga termasuk dalam hewan yang nokturnal. Macan kumbang lebih memiliki mengisi energinya di siang hari dan memulai kegiatan di malam hari

3. Memiliki Bintik pada Tubuhnya


Macan kumbang atau black panther berada di genus Panthera yang juga merupakan genus dari macan tutul dan jaguar. Macan kumbang juga memiliki bintik-bintik seperti macan tutul pada tubuhnya. Namun, karena warna bulunya yang sangat gelap, bintik-bintik berwarna coklat gelap bahkan hitam menjadi tidak terlihat. Warna bulu yang gelap disebabkan oleh pigmen melanin akibat mutasi genetik.

4. Memiliki Warna Mata Indah


Mata menjadi ciri-ciri tubuh yang paling mencolok dari macan kumbang. Mereka memiliki bentuk mata yang tajam dan warna yang sangat indah. Matanya berwarna hijau zamrud, yang membuat macan kumbang terlihat garang sekaligus elegan. Bahkan, ketika di kegelapan, matanya sangat mencolok dan tampak seperti siluet.


5. Terancam Punah


Macan kumbang masuk dalam daftar merah dengan spesies yang terancam punah. IUCN mengklasifikasikan macan kumbang sebagai spesies terancam karena hilangnya habitat. Eksploitasi lahan untuk pembangunan dan perburuan oleh manusia juga menjadi ancaman terbesar punahnya macan kumbang.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)