12 Fakta Menarik Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Buang Angin lewat Mulut

Rabu, 15 November 2023 - 08:53 WIB
loading...
12 Fakta Menarik Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Buang Angin lewat Mulut
Kuda Nil adalah spesies badak air yang ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. (Foto: Taman Safari)
A A A
JAKARTA - Banyak fakta menarik Kuda Nil yang belum banyak diketahui masyarakat. Satwa berjuluk badak air Asia ini adalah mamalia yang memiliki daya tarik unik.

Kuda Nil (Rhinoceros sondaicus) adalah spesies badak air yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kuda Nil dikenal dengan ciri khasnya, yaitu tubuh yang besar dengan kulit berkerut dan tanduk tunggal yang menonjol di hidungnya. Mereka adalah hewan semi-aquatic, yang menghabiskan sebagian besar waktu di air atau di sekitar wilayah perairan.

Berikut 12 fakta menarik kuda nil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/11/2023).

1. Memiliki spesies kuda nil kerdil


Selain kuda nil (Hippopotamus amphibious) yang biasa kita kenal, ada pula spesies kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis) yang jarang diketahui oleh masyarakat. Ukuran kuda nil kerdil ini panjang 1,75 meter dan berat 275 Kg. Sementara panjang kuda nil yang biasa kita ketahui bisa mencapai 5 meter dan berat 4,5 ton. Persebaran kuda nil kerdil ini hanya ada di Afrika Barat.


2. Tidak Bisa Berenang


Kuda nil terkenal sebagai hewan yang sangat suka berada di air. Menurut National Geographic, mereka bisa menghabiskan hingga 16 jam di air dalam sehari. Tapi tak seperti yang dikira banyak orang, kuda nil ternyata tidak bisa berenang. Tubuh mereka berat, dan kaki mereka terlalu pendek untuk menciptakan gaya yang cukup kuat untuk mengambang.

Lalu kenapa kuda nil bisa berada di air tanpa tenggelam? Laman San Diego Zoo mengatakan kuda nil sebenarnya berjalan di dasar sungai dangkal, menggunakan jari kakinya untuk mendorong tubuhnya bergerak.

3. Tidur di dalam air


Kuda nil memiliki membran bening khusus di matanya yang berfungsi sebagai pelindung dari kotoran di dalam air. Lubang hidung kuda nil bisa menutup dengan sendirinya dan bisa menahan napas hingga 5 menit. Bahkan, kuda nil bisa tidur di dalam air, karena memiliki refleks khusus yang bisa membuat naik ke permukaan air, mengambil napas, lalu kembali ke dalam air tanpa terbangun sama sekali.

4. Mampu berlari cepat


Selain sering dicap sebagai perenang hebat, kuda nil juga sering disangka tak bisa berlari cepat karena memiliki bobot yang besar dan kaki yang pendek. Tapi siapa sangka ternyata kuda nil sanggup berlari di darat dengan kecepatan melebihi rata-rata manusia. Kecepatan kuda nil saat berlari bisa mencapai 30 km/jam. Sementara, kecepatan lari rata-rata pria dewasa adalah 10 km/jam.

5. Memiliki mulut besar


Kuda nil bisa membuka mulutnya hampir 180 derajat, hingga mencapai lebar sekitar 1,2 meter Gigi kuda nil juga salah satu yang terbesar di antara hewan darat. Hanya gajah yang bisa mengungguli, karena gading gajah sebenarnya merupakan modifikasi gigi seri yang bisa mencapai panjang 2 meter. Sementara panjang gigi kuda nil pun tak kalah besar ukurannya , yaitu bisa mencapai 122 cm.


6. Memiliki sifat kanibal


Dengan gigi yang sangat besar terkadang kuda nil juga bisa menjadi kanibal. National Geographic melaporkan ilmuwan pernah mengamati kuda nil memakan bangkai sesamanya. Hal itu terjadi saat kekeringan parah. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, kuda nil bersifat kanibal.

7. Memiliki ritual perkawinan unik


Kuda nil jantan akan memutar-mutar ekornya supaya kotorannya terpencar ke mana-mana. Jika si betina tertarik, ia pun akan melakukan hal yang sama, yaitu membelakangi si jantan dan buang kotoran di hadapannya.

8. Mengeluarkan suara keras


Intensitas suara yang kuda nil keluarkan bisa mencapai 115 desibel. Setara dengan suara speaker di konser musik rock dari jarak 4,5 meter.

9. Makan 60 pon makanan


Dengan ukuran tubuh yang besar, perut kuda nil bisa menampung banyak makanan hingga 60 pon. Setelah lama berendam dalam air, biasanya kuda nil kelaparan sehingga ke luar ke darat untuk mencari makanan seperti buah dan tumbuh-tumbuhan.

10. Ukuran jumbo bayi kuda nil


Bayi kuda nil yang baru dilahirkan oleh induknya memiliki berat 45 kilogram. Anak kuda nil ini bisa menyusu baik di daratan maupun di air. Saat menyusu di air, bayi kuda nil akan menutup hidung dan telinganya agar aman.

11. Tidak memiliki ikatan sosial


Kuda nil biasanya hanya berinteraksi dengan induk dan anaknya saja. Mereka bahkan tidak menjalin ikatan sosial antar spesiesnya.

12. Buang angin lewat mulut


Karena struktur tubuh kuda nil sempit namun memiliki rongga perut yang sangat besar, maka gas yang ke luar lewat ke saluran pembuangan dibalikkan ke luar lewat mulut. Itulah deretan fakta menarik kuda nil, salah satu spesies terbesar di muka bumi.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)