5 Fakta Kuda Nil, Nomor 3 Kawin di Dalam Air

Senin, 14 November 2022 - 21:18 WIB
loading...
5 Fakta Kuda Nil, Nomor 3 Kawin di Dalam Air
Kuda nil merupakan mamalia dari keluarga hippopotamidae yang berukuran besar, omnivora, dan berasal dari Afrika sub-sahara. Foto/San Diego Zoo/Flickr/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Kuda nil merupakan mamalia dari keluarga hippopotamidae yang berukuran besar, omnivora, dan berasal dari Afrika sub-sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Kuda nil mempunyai tubuh yang besar dan berat, serta kulit kelabu gelap. Mereka juga memiliki gigi besar yang biasa mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Berikut 5 fakta tentang kuda nil.

1. Beratnya Sama dengan Mobil
Kuda nil jantan dewasa bobotnya sekitar 3.300 pon (1.496,8 Kg) dan yang betina mencapai 2.800 pon (1.270 Kg). Bahkan kuda nil jantan yang sangat besar dapat tumbuh hingga 4.400 pon (1.995,8 Kg) atau 5.800 pon (2.630,8 Kg)

Baca juga; Begini Cara Kuda Nil Mengusir Musuhnya, Bikin Jijik Tapi Ampuh

2. Kuda Nil Tidak Bisa Berenang
Kuda nil sangat menyukai air dan memiliki kaki berselaput, namun kuda nil bukan perenang yang baik. Sebaliknya, kuda nil memiliki kepadatan tubuh yang tinggi sehingga mereka tenggelam langsung ke dasar sungai, alih-alih berenang, mereka berlari kencang di dalam air.

3. Kuda Nil Kawin di Dalam Air
Kuda nil adalah hewan poligini, satu jantan pemimpin kelompok berkembang biak dengan semua betina dalam kelompoknya. Selama proses berkembang biak dilakukan di dalam air, kuda nil betina menahan kepalanya di bawah air dan hanya muncul untuk bernapas.

4. Kuda Nil Jadi Korban Perburuan
Kuda nil juga menjadi korban perburuan sehingga habitat terancam punah. Kuda nil tidak memiliki taring atau tanduk, namun gigi depan kuda nil terbuat dari gading. Gading ini lebih keras dari gajah, membuatnya lebih tahan lama tetapi lebih sulit untuk diukir. Gigi serinya dapat mencapai panjang 40 cm, sedangkan gigi taring mencapai hingga 50 cm.

Baca juga; Spesies Langka, Kuda Nil Kerdil Jadi Penghuni Baru Kebun Binatang San Fransisco

5. Kuda Nil Dapat Membuka Mulut Hampir 180 Derajat
Kuda nil dapat membuka mulutnya hingga selebar 50 cm dan memiliki engsel rahang yang terletak jauh ke belakang, sehingga dapat membuka hampir 180 derajat. Kekuatan gigitan kuda nil berukuran 12.600 kPa. Sebagai perbandingan, kekuatan gigitan singa hanya 4500 kPa. Kuda nil, dengan kekuatan rahangnya yang ganas, ukuran mulut yang unik, dan gigi yang tajam, dapat dengan mudah membelah tubuh manusia dalam sekali gigitan.

(MG/Andini Deffa Sudjatmiko)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1052 seconds (10.55#12.26)