3 Kelemahan Iron Dome, Sistem Pertahanan Udara Israel yang Berhasil Ditembus Roket Hamas

Kamis, 16 November 2023 - 13:06 WIB
loading...
3 Kelemahan Iron Dome, Sistem Pertahanan Udara Israel yang Berhasil Ditembus Roket Hamas
Sistem pertahanan udara Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan Hamas di atas Kota Ashkelon, Israel, Jumat (20/10/2023). Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Iron Dome Israel telah menunjukkan kelemahannya sejak peperangan dengan Hamas pada awal Oktober 2023. Sistem pertahanan udara milik Negara Yahudi ini mampu ditembus oleh serangan Hamas .

Irone Dome merupakan sistem pertahanan buatan Israel yang berguna untuk mencegah serangan rudal dan peluru yang ditembakkan dari jarak hingga 70 km. Sistem yang telah dikembangkan sejak tahun 2000-an itu pertama kali meluncur di tahun 2011.

Pada saat itu, sistem rudal ini aktif digunakan oleh militer Israel untuk menghadapi serangan-serangan kelompok militan Palestina. Namun, sistem pertahanan Israel telah menunjukkan beberapa kelemahan saat Operasi Badai al-Aqsa yang diluncurkan Hamas.

Terdapat sejumlah roket Hamas yang gagal dicegat dan menghantam banyak gedung. Berikut beberapa kelemahan Iron Dome Israel.

3 Kelemahan Iron Dome Israel


1. Baterai yang Relatif Kecil


Sejarawan militer Rusia dan Direktur Museum Pasukan Pertahanan Udara Yuri Knutov memberikan keterangannya tentang kegagalan sistem rudal Iron Dome Israel. Pada dasarnya sistem rudal milik Israel ini terbilang sangat canggih, namun menurut Yuri, baterai Iron Dome hanya dapat melindungi area yang relatif kecil yakni 150 km persegi.



Hal ini menjadi salah satu kelemahan Iron Dome Israel. Jika ada serangan yang punya jangkauan cukup luas akan membuat sistem pertahanan rudal itu tidak berfungsi dengan baik.

2. Kurang Efektif jika Menghadapi Banyak Rudal


Dilansir dari laman Times of India, Hamas disebut telah menembakkan 3.000 rudal dalam 20 menit pertama serangan mendadak pada 7 Oktober 2023. Ini menjadi serangan terbesar yang pernah dilakukan.

Dengan jumlah rudal tersebut membuat sistem pertahanan Israel tidak memiliki cukup pasokan rudal pencegat yang digunakan. Hal ini membuat banyak dari rudal Hamas yang mampu menembus pertahanan dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)