Monumen Nasional Korsel, Pohon Ginkgo Terindah di Bumi Berusia 860 Tahun

Sabtu, 18 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Monumen Nasional Korsel, Pohon Ginkgo Terindah di Bumi Berusia 860 Tahun
Pohon Ginkgo Wonju Bangye-ri merupakan monumen nasional Korea Selatan yang terkenal dengan mahkota bunganya yang mengesankan. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Setiap tahun, pada akhir musim gugur, ribuan orang berduyun-duyun ke desa Bangye-ri, di Gyeongsang, Korea Selatan untuk menyaksikan keindahan pohon ginkgo biloba megah berusia 860 tahun sekaligus terindah di Bumi.

Pohon Ginkgo Wonju Bangye-rimerupakan monumen nasional Korea Selatan yang terkenal dengan mahkota bunganya yang mengesankan. Saat ini, diameter pohon mencapai sekitar 17 meter dengan tinggi sekitar 32 meter.

Pohon ini bukan hanya pohon ginkgo tertinggi di Asia, tetapi juga menjadi salah satu pohon terindah di Bumi. Pohon ini mencapai puncak popularitasnya selama pandemi Covid-19, sebagai bagian dari apa yang beberapa ahli sebut sebagai tren perjalanan era Covid-19.

Saat itu, rombongan keluarga mulai bepergian ke obyek wisata luar ruangan dengan mobil pribadi untuk meminimalkan kontak dengan orang asing.



"Karena pandemi, sejumlah kecil orang seperti pasangan atau keluarga melakukan perjalanan sederhana ke tempat-tempat outdoor di alam telah menjadi tren," kata Profesor Lee Hoon dari Sekolah Pariwisata Universitas Hanyang kepada Korea JoongAng Daily, Sabtu (18/11/2023).

Walhasil, para turis tadi menyasar desa-desa terpencil. "Desa ini dulunya tenang sebelum pandemi Covid-19, tetapi pengunjung meningkat tiga kali lipat tahun lalu, kemudian empat kali lipat tahun ini," kata Chae Beom-sik, kepala desa Bangye-ri.

Rata-rata 4.000 orang berkunjung setiap hari, baik itu hari kerja atau akhir pekan. Tidak ada restoran di sekitar, dan toko kelontong terdekat berjarak 1,5 kilometer, tetapi orang-orang datang berduyun-duyun hanya untuk melihat keindahan pohon gingko biloba.



Meskipun pandemi Covid-19 mungkin telah berlalu, popularitas Pohon Ginkgo Bangye-ri tetap tinggi. Pohon tersebut saat ini dalam fase menggugurkan daun kuningnya.

Siklus ini menciptakan karpet alami sekitar puluhan meter di sekitarnya, ribuan orang memadati Bangye-ri untuk menyaksikan keajaiban itu secara langsung. Pohon ginkgo juga menjadi obyek wisata yang sangat populer di Korea Selatan . Beberapa turis mancanegara ikut datang berkunjung.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3143 seconds (0.1#10.140)