Pelepasan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut Tahap 3 Berakhir

Selasa, 21 November 2023 - 18:33 WIB
loading...
Pelepasan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut Tahap 3 Berakhir
Pelepasan tahap ketiga air limbah radioakti f yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Jepang ke Samudra Pasifik berakhir dengan aman sesuai rencana. oto/ Reuters
A A A
TOKYO - Pelepasan tahap ketiga air limbah radioakti f yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Jepang ke Samudra Pasifik berakhir dengan aman sesuai rencana.



Produsen makanan laut di negara tersebut masih tunduk pada pembatasan impor dari Tiongkok yang telah diberlakukan sejak pelepasliaran dimulai.

Sejumlah besar air limbah radioaktif telah terakumulasi di pembangkit listrik tenaga nuklir sejak rusak akibat gempa bumi besar dan tsunami pada tahun 2011.

Jepang mulai membuang air limbah yang telah diolah dan diencerkan ke laut pada tanggal 24 Agustus dan selesai melepaskan gelombang ketiga sebanyak 7.800 ton kemarin.

Seperti dilansir dari Reuters, Selasa (21/11/2023), proses ini diperkirakan memakan waktu puluhan tahun untuk diselesaikan.

Pelepasan ini ditentang keras oleh kelompok nelayan dan negara-negara tetangga termasuk Tiongkok, yang melarang semua impor makanan laut Jepang, dan bahkan menyerang produsen dan eksportir kerang dan makanan laut lainnya di Jepang.

Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electric Power Company Holdings (Tepco), mengatakan pelepasan ketiga, seperti dua pelepasan sebelumnya, berjalan dengan baik.

Sampel laut yang diuji olehnya dan pemerintah menunjukkan bahwa kadar semua radionuklida yang dipilih jauh di bawah standar keamanan internasional.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, Jumat pekan lalu bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, di luar KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco, Amerika Serikat (AS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)