Pelepasan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut Tahap 3 Berakhir

Selasa, 21 November 2023 - 18:33 WIB
loading...
A A A
Ia meminta Tiongkok untuk segera mencabut larangan makanan laut namun hanya mencapai kesepakatan untuk mencari cara menyelesaikan perselisihan tersebut melalui pertemuan dan dialog yang konstruktif.

Kedua belah pihak akan mengadakan pertemuan para ahli ilmiah untuk membahas pelepasan air yang diolah namun belum ada jadwal untuk mencabut larangan tersebut, kata Kishida.

Pemerintah Jepang membantu menemukan pasar baru untuk makanan laut Jepang, dan pemerintah pusat dan daerah meluncurkan kampanye untuk mendorong konsumen Jepang agar makan lebih banyak ikan guna mendukung produsen makanan laut Fukushima.

Tepco juga memberikan kompensasi kepada industri perikanan atas kerusakan reputasi produknya yang disebabkan oleh pembuangan air limbah, dan mengatakan telah mengirimkan formulir permohonan kepada 580 pemohon kompensasi.

Air limbah diolah untuk menghilangkan radioaktivitas sebanyak mungkin guna memenuhi standar pembuangan yang sah dan diencerkan dengan air laut sebelum dibuang.

Tepco dan pemerintah Jepang mengatakan proses tersebut aman, namun beberapa ilmuwan berpendapat pelepasan air yang mengandung radionuklida dari reaktor yang rusak belum pernah terjadi sebelumnya dan harus diawasi secara ketat.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)