Wadi Al-Salam, Kuburan Terbesar di Dunia Dekat Makam Ali Bin Abi Thalib

Rabu, 22 November 2023 - 13:34 WIB
loading...
Wadi Al-Salam, Kuburan Terbesar di Dunia Dekat Makam Ali Bin Abi Thalib
Wadi Al-Salam adalah pemakaman terbesar di dunia dengan luas 1.500 hektare. (Foto: The Sun)
A A A
JAKARTA - Makam Wadi Al-Salam di Najaf, Irak, adalah pemakaman terbesar di dunia. Menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi lebih dari 6 juta orang. Dengan luas lebih dari 1.500 hektare, pemakaman ini mencakup 13 persen dari luas Najaf dan terus berkembang seiring waktu.

Dikutip dari The Sun, Rabu (22/11/2023), Wadi Al-Salam bermakna Lembah Kedamaian, namun sejarah wilayah ini jauh dari kedamaian. Pada Perang Irak , dilaporkan sebanyak 250 jenazah dimakamkan di sini setiap hari.

Pemakaman ini juga pernah menjadi tempat pertempuran bersenjata selama konflik antara militer AS dan pasukan Mahdi Army pada 2004. Saat ini, Irak masih terlibat dalam konflik melawan ISIS, dan permintaan pemakaman terus meningkat.

Wadi Al-Salam, Kuburan Terbesar di Dunia Dekat Makam Ali Bin Abi Thalib


Pemakaman ini sangat sakral bagi umat Muslim karena dekat dengan Masjid Imam Ali yang di dalamnya terdapat makam sahabat Ali Bin Abi Thalib , sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW.



Wadi Al-Salam adalah salah satu pemakaman tertua bagi umat Islam, dengan proses pemakaman dimulai lebih dari 1.400 tahun lalu. Banyak tokoh penting dikebumikan di sini, termasuk anggota keluarga kerajaan dan sultan.

Harga lahan terendah di Al-Salam seharga £240, tanpa menghitung biaya nisan khusus. Keterbatasan ruang telah menyebabkan penggunaan kembali situs pemakaman lama. Makam-makam yang ada bervariasi sesuai kondisi dan ukuran berdasarkan era serta kelas individu yang dimakamkan.

Wadi Al-Salam, Kuburan Terbesar di Dunia Dekat Makam Ali Bin Abi Thalib




Ada makam yang dibangun dengan batu bata dan dinding plester, ada juga yang ditutup batu nisan mirip marmer. Kemudian ada juga pemakaman di kubah-kubah bawah tanah berukuran seperti kamar. Kubah bawah tanah dapat diakses melalui tangga.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)