Apa Itu Nyamuk Wolbachia? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya

Jum'at, 24 November 2023 - 13:11 WIB
loading...
Apa Itu Nyamuk Wolbachia? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya
Nyamuk Wolbachia diklaim mampu menekan angka demam berdarah dengue (DBD). Foto/Straits Times
A A A
JAKARTA - Nyamuk Wolbachia mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat. Belakangan, istilah tersebut banyak diperbincangkan karena diklaim mampu menekan angka demam berdarah dengue (DBD).

Kasus DBD di sejumlah wilayah di Indonesia masih menjadi perhatian khusus. Tak hanya dari sisi pengobatan tapi juga pencegahan.

Selain metode konvensional yang biasa digencarkan, terobosan baru pun banyak diciptakan. Salah satunya melalui teknologi Wolbachia yang baru-baru ini menjadi perhatian banyak orang.

Lantas, apa itu nyamuk wolbachia? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Nyamuk Wolbachia?


Wolbachia merupakan bakteri yang hidup pada tubuh serangga, termasuk nyamuk. Jenis bakteri ini identik dengan organisme yang ditemukan di alam, sehingga bukan termasuk hasil modifikasi genetik.



Mengutip laman Kementerian Kesehatan, Jumat (24/11/2023), Wolbachia tidak bisa hidup di luar sel tubuh serangga dan tak dapat mereplikasi diri tanpa bantuan serangga inangnya. Hal ini menjadi sifat alami dari bakteri Wolbachia.

Pada penggunaannya, Wolbachia menjadi sebuah inovasi yang diklaim bisa melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia


Pada perkembangannya, teknologi Wolbachia bisa diimplementasikan dengan metode “penggantian”. Caranya adalah dengan melepas nyamuk jantan dan betina Wolbachia ke populasi alami.



Terkait tujuannya, nyamuk betina Wolbachia nantinya diharapkan bisa kawin dengan nyamuk setempat. Proses perkawinan tersebut nantinya bakal menghasilkan anak-anak nyamuk yang mengandung Wolbachia.

Cara kerja nyamuk Wolbachia ini adalah mencegah replikasi virus dengue di dalam tubuh nyamuk. Jadi, ketika sebuah nyamuk telah mengandung Wolbachia, maka tidak akan bisa lagi untuk menularkan virus dengue ketika menghisap darah seseorang.

Demikian ulasan mengenai pengertian nyamuk Wolbachia dan cara kerjanya yang dikatakan bisa menekan angka demam berdarah dengue (DBD).
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)