Gletser Antartika Barat Mencair Cepat, Lepaskan 2,16 Miliar Ton Es Ke Laut Setiap Tahun

Rabu, 29 November 2023 - 09:22 WIB
loading...
Gletser Antartika Barat Mencair Cepat, Lepaskan 2,16 Miliar Ton Es Ke Laut Setiap Tahun
Para ilmuwan mengidentifikasi gletser di Antartika Barat yang disebut Gletser Cadman begitu cepat mencair sehingga kehilangan massa pada tingkat yang mengkhawatirkan. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Para ilmuwan mengidentifikasi gletser di Antartika Barat yang disebut Gletser Cadman begitu cepat mencair sehingga kehilangan massa pada tingkat yang mengkhawatirkan. Gletser Cadman diperkirakan melepaskan sekitar 2,16 miliar ton es ke laut setiap tahun akibat perubahan iklim.

Studi baru yang dipimpin ahli glasiologi di Universitas Leeds, Benjamin Wallis, memperingatkan bahwa gletser Cadman yang tampak stabil di Antartika dapat berubah dengan sangat cepat dan kehilangan es dalam jumlah besar dalam beberapa tahun. Ketebalannya terus berkurang dengan kecepatan sekitar 20 meter per tahun atau setara dengan bangunan lima lantai.

“Kami terkejut melihat kecepatan perubahan Cadman dari gletser yang tampaknya stabil menjadi gletser yang mengalami kerusakan mendadak dan hilangnya es secara signifikan,” kata Benjamin Wallis dari Universitas Leeds.



Gletser Cadman perlahan-lahan menggerakkan sungai es, dan meskipun padat, sebenarnya mengalir seperti sungai. Es glasial terus bergerak, meskipun pergerakan tersebut terlalu lambat untuk diperhatikan oleh mata manusia.

Sebaliknya, para ilmuwan mengandalkan kamera timelapse dan satelit untuk menunjukkan pergerakan es glasial dan seberapa cepat pergerakannya. Bersama para ahli dari British Antarctic Survey, tim ahli glasiologi Universitas Leeds menggunakan satelit untuk melacak Gletser Cadman, yang mengalir ke Teluk Beascochea, barat Semenanjung Antartika.
Gletser Antartika Barat Mencair Cepat, Lepaskan 2,16 Miliar Ton Es Ke Laut Setiap Tahun


Antara November 2018 dan Mei 2021, gletser Cadman menyusut sejauh delapan kilometer karena lapisan es di ujung gletser runtuh. Para peneliti menemukan kecepatan aliran gletser meningkat dua kali lipat, sehingga meningkatkan jumlah es yang dibuang ke laut sebagai gunung es, sebuah proses yang dikenal sebagai 'iceberg calving'.

Pada tahun 2018 atau 2019, lapisan es sangat tipis sehingga terlepas dari zona landasan dan mulai mengapung. Kondisi ini menyebabkan tergelincirnya jangkar dan memungkinkan Gletser Cadman mengalirkan lebih banyak es ke laut.



Menurut para ilmuwan, Gletser Cadman kini berada dalam kondisi ketidakseimbangan dinamis yang substansial, yang berarti masa depannya mengkhawatirkan. “Hasil penelitian kami menunjukkan tekanan air laut yang hangat menyebabkan ketidakseimbangan dinamis dan peningkatan pelepasan es dari gletser di Semenanjung Antartika,” katanya.

Gletser Cadman dan sistem Teluk Beascochea termasuk Gletser Funk dan Lever adalah kandidat kuat untuk studi lebih lanjut. Studi ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Menariknya, gletser lain yang berdekatan dengan Gletser Cadman, seperti Funk dan Lever. tetap relatif stabil, namun para ilmuwan mengetahu penyebabnya secara pasti. Kemungkinan terletak pada struktur batuan bawah laut yang disebut punggung bukit pada kedalaman sekitar 650 hingga 750 kaki di bawah air.

Punggungan ini kemungkinan besar bertindak sebagai penghalang, membelokkan saluran air hangat agar tidak mencapai gletser Funk dan Lever. Perairan laut yang lebih hangat secara bertahap telah menipiskan lapisan es gletser sejak awal tahun 2000-an akibat emisi dari aktivitas industri dan pemanasan global.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)