Imbangi Senjata China, AS Siap Hidupkan Ribuan Sistem Teknologi AI

Jum'at, 01 Desember 2023 - 18:35 WIB
loading...
Imbangi Senjata China, AS Siap Hidupkan Ribuan Sistem Teknologi AI
Bersaing dengan China, AS siap kerahkan ribuan teknologi AI. FOTO/ Daily
A A A
LONDON - Pentagon berniat untuk mengaktifkan ribuan sistem otonom dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk mengimbangi China.

BACA JUGA - Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan

Meskipun pendanaannya masih belum jelas, inisiatif ambisius ini akan mempercepat keputusan sulit tentang teknologi AI yang matang dan cukup dapat dipercaya untuk digunakan.

Kolonel Angkatan Udara AS Matt Strohmeyer mengatakan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat dibanding pesaing dan musuh adalah inti penggunaan sejumlah teknologi baru yang dibahas para pejabat militer AS.

"Ini bukan teknologi demi kemajuan teknologi, ini adalah teknologi yang memungkinkan tentara di medan tempur membuat keputusan yang lebih baik dan cepat," kata Strohmeyer seperti dilansir dari Daily Start, Jumat (1/12/2023).

Ada sedikit perselisihan di antara para ilmuwan AI dan pejabat Pentagon soal persenjataan militer AS, yang pada akhirnya akan mencakup senjata mematikan yang sepenuhnya otonom atau dapat mengambil keputusan sendiri.

Misalnya pesawat nirawak atau drone yang suatu hari nanti ketika memasuki pertempuran dalam kawanan robotik, dapat mengambil keputusan untuk mendapatkan informasi dengan cara mengintai, sementara lainnya melakukan serangan.

Namun, salah satu tantangan yang mendesak adalah merekrut dan mempertahankan talenta manusia yang dibutuhkan untuk menguji teknologi AI, karena Pentagon tidak dapat bersaing dalam hal gaji.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)