Penyelam Ini Ungkap Trik Menyelamatkan Diri Ketika Bertemu Hiu

Senin, 04 Desember 2023 - 15:18 WIB
loading...
Penyelam Ini Ungkap Trik Menyelamatkan Diri Ketika Bertemu Hiu
Seorang penyelam profesional, Kayleigh Nicole Grant, memberikan trik menarik ketika perenang bertemu hiu. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Reaksi refleks kebanyakan orang ketika bertemu hiu di laut langsung berenang secepat mungkin untuk menghindar. Ternyata cara tersebut justru sangat berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa.

Seorang penyelam profesional, Kayleigh Nicole Grant, memberikan trik menarik ketika perenang bertemu hiu. "Jika Anda panik dan langsung berenang secepatnya hiu akan sangat mungkin mengejar," ujarnya dikutip dari laman Daily Mail, Senin (4/12/2023).

Dia mengatakan hal itu terjadi karena sifat bawaan hiu sebagai predator. Hiu akan selalu mengejar apa pun yang berenang menjauh dari dirinya setelah tiba-tiba bertemu.



Dari situ dia menyarankan agar melakukan cara yang menurut dia sangat berguna. Pertama adalah tetap pada posisi Anda dan tidak melakukan berbagai gerakan tidak perlu.

"Setelah itu ketika bertemu lakukan kontak mata dan dorong hiu ke arah berlawanan jika diperlukan," jelas Kayleigh Nicole Grant.
Penyelam Ini Ungkap Trik Menyelamatkan Diri Ketika Bertemu Hiu


Trik yang dilakukan Kayleigh Nicole Grant bahkan dipraktikkan langsung. Dia mengunggah video pendek lewat akun TikTok miliknya @mermaid.kayleigh saat bertemu hiu.

Saran yang diberikan oleh Kayleigh Nicole Grant justru sejalan dengan informasi dari Shark Lab dari California Sate University Long Beach, Amerika serikat. Laboratorium yang fokus pada penelitian hiu itu mengatakan cara yang terbaik selamat dari hiu memang bukan langsung kabur dengan berenang sekencang-kencangnya.



"Pastikan Anda melihatnya dengan selalu berada dalam posisi berhadapan," terang Shark Lab. Sikap itu untuk memberi kesan bahwa hiu tengah diamati sehingga berenang menjauh.

Tapi menurut mereka setelah itu jangan biarkan kehati-hatian kendor. Sebab, banyak hiu justru balik lagi karena ingin memastikan kembali. "Mereka hanya ingin melihat lebih dekat sesuatu yang mungkin bisa membahayakan mereka," terang Shark Lab.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)