Didukung China, Mesir Sukses Luncurkan Satelit MisrSat 2

Selasa, 05 Desember 2023 - 08:21 WIB
loading...
Didukung China, Mesir Sukses Luncurkan Satelit MisrSat 2
Satelit MisrSat 2 Mesir berhasil meluncur ke luar angkasa. (Foto: Xinhua)
A A A
JAKARTA - Badan Antariksa Mesir bekerjasama dengan China berhasil meluncurkan Satelit MisrSat 2. Misi satelit ini untuk meningkatkan sektor pertanian, eksplorasi sumber daya mineral, identifikasi sumber air permukaan, dan studi dampak perubahan iklim terhadap lingkungan.

"Peluncuran ini dilakukan dalam kerangka kemitraan strategis antara pemerintah Mesir dan China serta kerja sama yang produktif dan konstruktif antara kedua negara sahabat," tulis Badan Antariksa Mesir dikutip dari Arabnews, Selasa (5/12/2023).

Satelit MisrSat 2 dibangun oleh tim tim insinyur Mesir bekerja sama dengan para ahli Tiongkok di Pusat Perakitan, Integrasi, dan Pengujian Satelit EGSA.



EGSA merupakan fasilitas luar angkasa terbesar di kawasan Afrika dan Timur Tengah, didirikan dalam kerangka kemitraan strategis antara kedua negara.

Fasilitas ini berkontribusi mendukung ekonomi Mesir serta meningkatkan peran unggul negara ini dengan menyediakan program pelatihan yang ditujukan untuk mempersiapkan personel khusus di benua Afrika dan Timur Tengah serta menyediakan data spasial.



Badan Antariksa Mesir menyatakan peluncuran MisrSat 2 adalah tonggak dalam kerja sama Mesir-Tiongkok , khususnya dalam bidang teknologi antariksa.

Badan Antariksa Mesir didirikan pada tahun 2018 dan bertujuan untuk membangun dan meluncurkan satelit dari wilayah Mesir.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)