NASA Klaim Sisa-sisa Banjir Besar Zaman Nabi Nuh dapat Dilihat dari Antariksa

Minggu, 17 Desember 2023 - 13:32 WIB
loading...
NASA Klaim Sisa-sisa Banjir Besar Zaman Nabi Nuh dapat Dilihat dari Antariksa
Banjir besar zaman Nabi Nuh diklaim dapat dilihat dari Antariksa. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
NEW YORK - Sekelompok astronot NASA melihat sisa-sisa banjir besar zaman Nabi Nuh yang diperkirakan terjadi sekitar 4.500 tahun lalu atau pada tahun 2348 SM.



Bekas banjir yang berasal dari banjir sekitar 10.000 hingga 20.000 tahun yang lalu dapat terlihat dari luar angkasa dalam bentuk pola melingkar atau oval.

Pola-pola ini disebut “bekas banjir” atau “bekas banjir.” Mereka terbentuk ketika air dari banjir mengalir di atas permukaan yang datar dan meninggalkan jejak.

Formasi tersebut merupakan misteri lama bagi para ahli geologi hingga tahun 1920-an ketika seorang guru sains sekolah menengah bernama Harley Bretz berteori bahwa formasi tersebut mungkin terbentuk oleh aliran glasial.

“Scablands yang tersalurkan adalah catatan erosif dari sungai-sungai besar yang bergradien tinggi dan berasal dari gletser,” tulisnya dalam makalah penelitiannya pada tahun 1923.

Bekas banjir dapat terlihat di seluruh dunia, tetapi mereka paling menonjol di daerah yang memiliki tanah yang datar dan kaya nutrisi.

Mereka juga dapat terlihat di daerah yang memiliki iklim yang hangat dan lembap, karena air lebih mungkin untuk membanjiri di daerah ini.

Bekas banjir dapat digunakan untuk mempelajari sejarah banjir dan iklim. Mereka dapat menunjukkan kepada kita seberapa sering banjir terjadi di masa lalu dan seberapa besar banjir tersebut. Mereka juga dapat menunjukkan kepada kita bagaimana iklim telah berubah selama waktu.

Menurut penghitungan NASA, jika semua gletser dan lapisan es dunia mencair hanya menambah sedikit ketinggian banjir. Dipekirakan permukaan laut akan naik lebih dari 195 kaki atau 60 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)