Gila! Swedia Alami Cuaca Terdingin, Minus 43,6 Derajat Celsius

Kamis, 04 Januari 2024 - 21:53 WIB
loading...
Gila! Swedia Alami Cuaca Terdingin, Minus 43,6 Derajat Celsius
Swedia tengah dilanda cuaca terdingin dalam 25 tahun terakhir. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Swedia tengah dilanda cuaca terdingin dalam 25 tahun terakhir. Pada Rabu waktu setempat, suhu mencapai minus 43,6 derajat Celsius di bagian utara karena gelombang dingin melanda wilayah Nordik.

"Untuk memberikan gambaran, itu adalah suhu Januari terendah di Swedia sejak 1999," kata Mattias Lind, meteorolog di Badan Meteorologi Nasional Swedia (SMHI), kepada AFP.

Pada bulan Januari 1999, suhu minus 49 derajat Celsius tercatat di Swedia, yang menyamai rekor yang ditetapkan pada 1951. Lind mengatakan pengukuran pada hari Rabu dilakukan di stasiun Kvikkjokk-Arrenjarka di bagian utara Swedia . "Ini adalah suhu terendah yang tercatat di tempat khusus ini sejak pengukuran dimulai pada 1888,” katanya. Beberapa stasiun lain mencatat suhu di bawah minus 40 derajat Celsius di utara Swedia.

Meskipun penduduk wilayah ini terbiasa dengan suhu beku , gelombang dingin baru-baru ini membuat operator bus lokal menghentikan layanan, dan operator kereta Vy mengatakan pada hari Selasa semua kereta ke utara kota Umea dibatalkan selama beberapa hari.



Layanan kereta juga terganggu di Finlandia, di mana suhu rekor musiman minus 38,7 derajat Celsius tercatat pada Selasa malam di wilayah Lapland utara. Beberapa kasus pipa air yang membeku atau pecah juga dilaporkan. Penyiar Finlandia YLE mengatakan sekitar 300 orang di kota Tampere kekurangan air bersih pada Selasa, waktu setempat.



Suhu dingin ini diperkirakan akan bergerak ke selatan dalam beberapa hari ke depan, dengan ibu kota Finlandia, Helsinki, sudah mengalami penurunan suhu menjadi minus 15 derajat Celsius pada Rabu.

Cuaca ekstrem juga diperkirakan melanda Norwegia menjelang akhir pekan, dengan suhu di Oslo berpotensi turun menjadi minus 27 derajat Celsius pada akhir pekan ini. Salju lebat telah mempengaruhi bagian selatan negara ini dengan penutupan sekolah dan sejumlah penerbangan dibatalkan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)