Spesifikasi Rudal Kh-22 Rusia yang Ditakuti Ukraina, Punya Kemampuan Mengerikan

Sabtu, 06 Januari 2024 - 12:01 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Kh-22 Rusia yang Ditakuti Ukraina, Punya Kemampuan Mengerikan
Spesifikasi rudal Kh-22 Rusia yang ditakuti Ukraina menarik untuk dipahami. Foto: ist
A A A
RUSIA - Rudal Kh-22 Rusia sepertinya tengah menjadi masalah bagi pasukan Ukraina. Pada serangan Moskow yang dilancarkan pada penghujung Desember 2023 lalu, militer Kiev tampak kesulitan menghalau serangan udara yang didominasi rudal jelajah tersebut.

Menurut laporan EurAsian Times, Yuri Ihnat selaku juru bicara Angkatan Udara Ukraina menyebut bahwa Rusia sudah meluncurkan ratusan Kh-22 sepanjang pertempuran.

Namun, belum ada satupun yang berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Ukraina. Lantas, seperti apakah spesifikasi dari rudal Kh-22 Rusia ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Spesifikasi Rudal Kh-22 Rusia
Spesifikasi Rudal Kh-22 Rusia yang Ditakuti Ukraina, Punya Kemampuan Mengerikan

Kh-22 Burya (Storm) merupakan sebuah rudal anti-kapal berkemampuan nuklir yang dibuat era Uni Soviet. Dulunya, senjata ini ditujukan untuk menyerang kapal-kapal tempur yang dimiliki Amerika Serikat.

Sejak pertama kali diperkenalkan, berbagai varian Kh-22 telah dikembangkan. Beberapa di antaranya bahkan disesuaikan untuk berbagai misi tertentu, seperti penyerangan bendungan, jembatan, dan lokasi strategis lainnya.

Mengutip Sputnik, varian dasar Kh-22 memiliki panjang 11,6 m dan diameter 0,94 m. Kecepatannya bisa mencapai Mach 3,5-Mach 4,6 berkat penggunaan mesin roket berbahan bakar cair bertenaga.

Performanya juga terbilang bagus. Rudal Kh-22 dapat mencapai tinggi 25 km dan jangkauan hingga 600 km. Sedikit dijelaskan di atas, pengembangan Kh-22 telah terjadi sejak pertama kali muncul. Beberapa hal yang ditingkatkan seperti kecepatan penerbangan, jangkauan, sistem panduan, dan lainnya.



Melihat peningkatan kemampuan militer NATO, pengembangan Kh-22 terus dikebut. Salah satu hasilnya adalah Kh-32 yang membawakan mesin baru dan jangkauan lebih dari 1.000 km.

Selain itu, ada juga varian Kh-22NA. Sedikit berbeda dari pendahulunya, rudal ini memiliki sistem penargetan inersia, sehingga jangkauan misinya lebih luas.

Kemudian, Kh-22NA mengandalkan teknologi autopilot untuk navigasi menuju koordinat target. Peningkatan ini ditujukan mengatasi kekhawatiran tentang tingkat presisi dan daya rusak serangannya. Demikian ulasan mengenai spesifikasi rudal Kh-22 Rusia yangditakutiRusia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)