Ahli Temukan Medan Magnet Terbesar Tata Surya di Ganymede

Minggu, 07 Januari 2024 - 06:45 WIB
loading...
Ahli Temukan Medan Magnet Terbesar Tata Surya di Ganymede
Ahli Temukan Medan Magnet Terbesar Tata Surya. FOTO/ IFL
A A A
LONDON - Ganymede, bulan terbesar di tata surya, memiliki medan magnet yang kuat seperti di Bumi. Hal ini mengejutkan para astronom karena bulan-bulan lain di tata surya, termasuk plenet Jupiter tidak memiliki medan magnet yang kuat.


Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy menunjukkan bahwa Ganymede mungkin memiliki inti besi cair yang diselimuti oleh lapisan es. Lapisan es ini dapat bertindak sebagai "bola salju" yang memerangkap medan magnet Jupiter.

Studi ini dilakukan oleh tim astronom dari University of California, Berkeley. Mereka menggunakan data dari pesawat ruang angkasa Juno milik NASA untuk mempelajari medan magnet Ganymede.

Para astronom menemukan bahwa medan magnet Ganymede bervariasi seiring dengan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa medan magnet tersebut tidak berasal dari inti besi cair yang solid, melainkan dari lapisan es yang cair.

Lapisan es yang cair ini dapat bertindak sebagai "bola salju" yang memerangkap medan magnet Jupiter. Medan magnet Jupiter yang kuat dapat menembus lapisan es dan menciptakan medan magnet di dalam Ganymede.

Teori ini dapat menjelaskan mengapa Ganymede memiliki medan magnet yang kuat. Namun, para astronom masih perlu mempelajari lebih lanjut untuk memastikan teori ini benar.

Penemuan ini merupakan langkah maju dalam memahami Ganymede dan bulan-bulan lain di tata surya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)