3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:11 WIB
loading...
3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi
Pesawat jet tempur F-22 Raptor dibekali dua mesin turbofan after-burning buatan Pratt dan Whitney F119-100. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Jet tempur F-22 Raptor AS memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya jadi salah satu pesawat tangguh di dunia. Kecepatan, kemampuan siluman, dan daya jangkau, adalah beberapa aspek keunggulan yang dimiliki pesawat ini.

Dilansir dari Air Force, F-22 Raptor merupakan kombinasi dari kemampuan siluman, penjelajahan super, kemampuan maneuver, dan avionik terintegrasi, ditambah dengan kemampuan dukungan yang ditingkatkan, mewakili lompatan eksponensial dalam kemampuan perang.

Pesawat buatan Lockheed Martin ini memiliki panjang 18,9 meter, tinggi 5,1 meter, dan lebar sayap 13,6 meter. Berat kosongnya 19.700 kilogram, dan berat maksimalnya capai 38.000 kilogram.

Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS

1. Kecepatan Lebih dari 1,5 Mach
3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi

Jet Tempur F-22 Raptor AS diberkati dua mesin turbofan after-burning buatan Pratt dan Whitney F119-100. Mesin pesawat pertama yang dilengkapi dengan bilah kipas akord lebar berongga.

Kombinasi antara mesin dan desain aerodinamis pesawat membuat daya doroingnya bisa mencapai kelas 35.000 pon, dan memungkinkannya terbang dengan kecepatan tinggi.

F-22 Raptor diketahui mampu terbang dengan kecepatan supersonik (lebih cepat dari 1,5 Mach) tanpa menggunakan afterburner. Karakteristik supercruise ini menjadi keunggulan F-22 Raptor baik dalam kecepatan maupun jangkauan sejauh 1.850 mil, lebih unggul dibandingkan pesawat tempur lain.

2. Tidak Terdeteksi Radar

F-22 memiliki RCS yang 12x lebih rendah dibandingkan pesawat tempur lainnya, sehingga jarak deteksinya lebih rendah dibandingkan pesawat lainnya. Karena itu pesawat ini kerap dianggap siluman sebab dapat menghindari deteksi, baik itu visual, audio, sensor, dan gelombang radar musuh.

Hal yang harus dikorbankan dari kemampuan super canggih ini adalah harganya yang lebih mahal dibanding pesawat tempur lain. Karena itu sebagian besar negara memilih untuk membeli F-35 yang notabene lebih murah.

3. Punya Rangkaian Sensor Canggih

Tidak hanya memiliki kemampuan siluman yang luar biasa, pesawat ini juga punya kemampuan pelacakan yang mumpuni. Jet F-22 telah dibekali dengan rangkaian sensor canggih yang memungkinkan pilot untuk melacak, mengidentifikasi, menembak, dan membunuh ancaman udara-ke-udara sebelum terdeteksi.

Kokpit pesawat ini dilengkapi dengan hands-on throttle and stick control (HOTAS). Kokpit memiliki layar kristal cair enam warna. Dua layar menyediakan komunikasi, navigasi, identifikasi, dan informasi penerbangan.



Untuk serangan, jet AS satu ini membawa senjata enam rudal AIM-120 AMRAAM dan dua rudal AIM-9 Sidewinder. Jet tempur F-22 Raptor juga dibekali meriam M61A2 Vulcan dipasang secara internal di atas saluran masuk udara kanan.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki Jet tempur F-22 Raptor AS yang merupakan pesawat supersonik bermesin ganda. Dengan kemampuannya ini tak heran jika F-22 cukup ditakuti dimedantempur.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)