Siapa Saja Negara yang Punya Jet Tempur F-22 Raptor? Ini Penjelasannya

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 08:30 WIB
loading...
Siapa Saja Negara yang...
F-22 Raptor menjadi pesawat canggih dan berbahaya di medan pertempuran. Foto: ist
A A A
JAKARTA - F-22 Raptor menjadi jet tempur canggih yang sering menjadi perhatian. Berbekal kemampuan siluman, jet tempur ini menjadi salah satu yang terbaik di generasinya.

Pertama kali terbang pada 1990-an, F-22 menjadi pesawat tempur generasi kelima pertama di dunia yang beroperasi. Meski terbilang sudah cukup berusia, kemampuannya tetap relevan dan masih tak tertandingi sampai sekarang di bidang tempurnya.

Mengutip laman NationalInterest, F-22 bahkan disebutkan sebagai jet tempur pertama yang memakai teknologi siluman. Bekal kemampuan tersebut sangat penting dalam fungsinya mempertahankan atau bahkan merebut superioritas udara dari musuh.

Lalu, negara mana saja yang memiliki jet tempur F-22 Raptor ini? Berikut penjelasannya.

Negara yang Punya Jet Tempur F-22 Raptor
Siapa Saja Negara yang Punya Jet Tempur F-22 Raptor? Ini Penjelasannya

Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara yang memiliki jet tempur F-22 Raptor, setidaknya hingga sekarang. Sebagian pengamat menyebut Negeri Paman Sam sengaja melarang ekspor pesawat ini guna mencegah kebocoran teknologi rahasianya.

Kondisi itu sebenarnya tidak mengherankan mengingat awalnya F-22 memang dibuat khusus untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Pabrikan yang memproduksinya bahkan nama populer seperti Lockheed Martin dan Boeing.

Larangan ekspor F-22 bahkan telah ditegaskan oleh Kongres AS sejak 1990-an. Meski terkesan paranoid, memang ada kekhawatiran negara-negara musuh mencuri teknologinya.

Jika menilik sejarah ke belakang, AS memang pernah dihadapkan pada kondisi ketika desain atau teknologi pesawatnya dicuri China hingga Rusia. Meski tidak secara keseluruhan, mereka akhirnya bisa membuat jet tempur serupa.

Siapa Saja Negara yang Punya Jet Tempur F-22 Raptor? Ini Penjelasannya

F-22 Raptor menggabungkan kemampuan jelajah super, manuver tinggi hingga teknologi siluman. Bersama penampang radar yang sangat kecil, jet tempur ini mampu terbang tanpa terdeteksi pada kecepatan supersonik tanpa afterburner.



Melihat kemampuannya yang menakjubkan, sebenarnya ada banyak negara tertarik dengan F-22. Namun, kembali lagi bahwa sementara ini AS tidak memiliki alasan untuk menjualnya ke negara lain, termasuk sekutu dekatnya seperti Israel.

Jadi, bisa diketahui bahwa saat ini hanya Amerika Serikat yang memiliki jet tempur F-22 Raptor. Penggunanya sendiri adalah angkatan udaranya atau biasa dikenal USAF.
LutfanFaizi
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)